Galih Prasetyo
Febrianto Wijaya saat main di PSM Makassar (@febriantowijaya)

Gol.bolatimes.com - Pada awal 2000-an pencinta sepakbola Indonesia cukup dikagetkan dengan kabar bahwa banyak taleta asli Indonesia yang coba berpuntungan dengan berkarier di luar negeri.

Ada nama Irvin Museng yang sempat melipir ke Ajax Amsterdam, lalu ada nama Farri Agri yang bermain di Liga Qatar, hingga nama Febrianto Wijaya yang gabung dengan salah satu klub Bundesliga, VFB Stuttgart.

Febri memang tidak bergabung di tim utama Stuttgart. Ia saat itu menimba ilmu di tim akademi Stuttgart pada 2006. Bagi publik sepak bola Makassar, khususnya suporter PSM tentu tak asing dengan nama Febrianto.

Baca Juga:
Gong Xi fa Cai! Inilah 5 Pesepak Bola Keturunan China yang Pernah Bela Timnas Indonesia, Ada Asisten STY

Febrianto seperti dikutip dari berbagai sumber memulai kariernya di Makassar Football Scholl pada awal 2000. Setelah mendapat ilmu sepak bola di Stuttgart, Febrianto pulang ke Indonesia pada 2007.

Di level profesional, karier Febrianto memulai kariernya di PSM Makassar. Terakhir pada 2011, nama pemain keturunan Tionghoa ini tercatat sebagai striker untuk Persela Lamongan.

Febrianto kemudian banting stir menjadi politikus. Kini ia berstatus sebagai anggota DPRD Mamuju, Sulawesi Barat.

Baca Juga:
Tak Menolak, Begini Komentar Park Hang-seo soal Peluang Latih Timnas Indonesia

Pada 2018, Febrianto yang menjadi politikus dari Partai Demokrat ini kemudian menjadi ketua Komisi II DPRD Mamuju yang membidangi bidang perekonomian daerah.

Meski sudah menjadi anggota DPRD Mamuju, Febriato tak begitu saja tinggalkan sepak bola. Ia masih terlibat aktif di sepak bola Makassar dan juga Mamuju.

Saat PSM bermain di Piala Menpora 2021, politikus yang akrap disapa Anto itu menjadi manajer tim berjuluk Juku Eja.

Baca Juga:
Tak Etis, Ketum Olahraga Dayung Minta Menpora Mundur dari Pencalonan Waketum PSSI

Selain itu, pada 2022, Febrianto Wijaya juga menjadi bagian dari pengembangan bibit muda di sepak bola Makassar. Ia menjadi direktur akademi PSM Makassar.

Satu tahun sebelumnya, Anto juga terpilih menjadi ketua Askab PSSI Mamuju. Saat itu ia memimpin Askab PSSI Mamuju bersama Irfan Rahman.

Di akun Instagram miliknya, Anto kerap bagikan momen saat ia mengurus perkembangan sepak bola muda di Mamuju dan Makassar.

Baca Juga:
Kisah Shin Tae-yong Nyaris Latih Timnas Thailand, Bahkan Hampir Teken Kontrak

Selain itu, terdapat juga momen kehangatan Anto bersama keluarga besarnya. Terbaru, ia unggah video ucapan selamat Imlek 2023.

"Happy Chinese New Year! May the new year bring you prosperity, happiness and good luck. #kawanAnto," tulis Anto di video yang ia unggah.