Rauhanda Riyantama
Sekjen PSSI, Yunus Nusi. [ANTARA/Michael Siahaan]

Gol.bolatimes.com - Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi beberapa waktu lalu menggelar pertemuan dengan Menpora Zainudin Amali untuk membahas Liga 2 2022 yang dihentikan pada 12 Januari lalu. Hasilnya, ia menyebut ada progres positif.

Meski demikian, Yunus Nusi menegaskan bahwa belum ada keputusan soal apakah Liga 2 2022 akan dilanjutkan atau tidak. Ia masih akan membawa hasil pembicaraan dengan Menpora ke Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

"Ada progres positif. Kami berterima kasih atas dukungan pemerintah," ujar Yunus usai pertemuan dengan Menpora di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Baca Juga:
Bikin Kejutan di India Open 2023, Kunlavut Vitidsarn Bongkar Kunci Kalahkan Viktor Axelsen

"Saya akan melaporkannya ke Ketua Umum PSSI dan Exco. Besok mudah-mudahan ada rapat Exco. Saya meminta Pak Ketua Umum (Mochamad Iriawan-red) untuk menggelar rapat darurat," kata Yunus seperti dimuat Antara.

Sementara Menpora Zainudin Amali memastikan, pemerintah tidak dalam posisi mengintervensi PSSI terkait Liga 2 dan Liga 3 2022-2023.

Zainudin Amali menekankan bahwa Pemerintah Indonesia dalam posisi mencarikan jalan keluar untuk persoalan yang berimbas pada masa depan klub-klub peserta. Presiden Joko Widodo yang memberikan mandat langsung kepada Menpora untuk menemukan solusi terbaik bagi semua pihak.

Baca Juga:
5 Fakta Kemenangan Dramatis Arsenal atas Manchester United, Eddie Nketiah Ikuti Jejak Thierry Henry

"Saya mendapat arahan dari Bapak Presiden untuk segera mencarikan jalan keluar. Saya pun berdiskusi dengan Pak Sekjen PSSI (Yunus Nusi-red) dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Ferry Paulus secara virtual hari ini, agar tidak terkesan ada intervensi dari pemerintah," tutur Menpora.

Salah satu hasil pertemuan tersebut, Zainudin Amali melanjutkan, adalah PSSI dan LIB akan menggelar pertemuan dengan klub-klub Liga 2 untuk menjelaskan situasi kompetisi. Pertemuan itu diwacanakan berlangsung pada Selasa (24/1/2023).

"Hasil itu akan dilaporkan lagi kepada kami (Kemenpora) dan itu menjadi pegangan pemerintah," ujar Menpora.

Baca Juga:
Tinggalkan Manchester United, Anak Cristiano Ronaldo Resmi Gabung Akademi Sepak Bola di Arab Saudi

Adapun terkait putaran nasional Liga 3 2022-2023, yang ditiadakan bersamaan dengan dihentikannya Liga 2, PSSI memastikan bahwa masa depannya juga diputuskan dalam rapat darurat Exco, berikut format Liga 1 apakah tetap dengan tanpa degradasi atau dikembalikan ke awal.