Galih Prasetyo
Pemain anyar Manchester United, Wout Weghorst menjalani debutnya di Liga Primer Inggris menghadapi Crystal Palace, Kamis (19/1/2023). (Instagram/@wout.weghorst)

Gol.bolatimes.com - Manchester United pada 14 Januari 2023 resmi mendapatkan striker asal Belanda, Wout Weghorst. Tim berjuluk Red Devils itu mendapatkan Weghorst dari klub Turki, Besiktas.

Manchester United merekrut Wout Weghorst dengan status pinjaman. Pihak Red Devils seperti dilansir dari laman resmi menyebut membayar kompensasi 3 juta euro untuk pemain berusia 30 tahun tersebut.

Sejatinya Wout Weghorst ialah pemain dari Burnley. Pada 31 Januari 2022, Burnley merekrut Weghorst dari Vfl Wolfsburg.

Baca Juga:
Debut Wout Weghorst Bersama Manchester United Tanpa Gol Tapi Bikin Crystal Palace Kewalahan?, Ini Penjelasannya

Melakoni 20 pertandingan dan mencetak 2 gol untuk Burnley, Weghorst malah dipinjamkan ke Besiktas. Di Liga Turki, penampilan Weghorst terbilang cukup apik.

Dari 16 pertandingan bersama Besiktas di semua kompetisi, pemain kelahiran Borne, Belanda itu mencetak 8 gol. Seperti apa perjalanan pemain bernama lengkap Wout Fran├žois Maria Weghorst tersebut? Berikut ulasannya

Weghorst seperti dikutip dari berbagai sumber mengawal karier sepak bola di dua klub amatir Belanda, RKSV NEO dan DETO Twenterand.

Baca Juga:
Kisah Wout Weghorst, Striker Anyar Manchester United yang Kaya Raya, Keluarga Punya Bisnis Minyak Bumi

Menimba ilmu sepak bola di dua klub amatir itu, pada 2011, Weghorst kemudian bergabung ke klub Willem II yang bermain di Eredivisie.

Namun di Willem II, ia tak pernah menembus tim utama. Setahun kemudian, Weghorst bergabung ke Emmen. Di klub ini, ia mencatatkan 20 gol dari 62 penampilan.

Cita-cita Weghorst untuk bisa bermain di Eredivisie terwujud setelah ia bergabung ke Heracle Almelo dengan status bebas transfer. Ia debut di Eredivisie pada 9 Agustus 2012.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris: Wout Weghorst Debut, Manchester United Ditahan Imbang Crystal Palace

Torehan 20 gol kembali diukir oleh Weghorst bersama Heracles. Pada 2016, ia pindah ke AZ. Di AZ, Weghorst bermain bersama Tim Krul dan bek berdarah Indonesia, Levi Opdam.

Sekedar informasi, Levi Opdam ialah bek keturunan Indonesia. Nama Levi Opdam termasuk ke-24 pemain keturunan Indonesia yang dipantau oleh pihak Kemenpora pada 2017.

Levi Opdam dan Weghorst sempat berlatih bersama di AZ pada 25 Juni 2017 di awal musim baru.

Baca Juga:
Crystal Palace vs Manchester United, Setan Merah Berpeluang MainkanWout Weghorst

Di AZ, Weghorst menjadi mesin gol dengan mencetak 31 gol dari 60 pertandingan dari 2018 hingga 2022 di semua kompetisi.

Wout Weghorst sendiri sudah lakoni debut bersama Manchester United saat melawan Crystal Palace untuk laga tunda pekan ketujuh Liga Inggris 2022/2023, Kamis (19/1/2023) dini hari WIB.

Ia dimainkan oleh Erik ten Hag gantikan Anthony Martial yang harus absen karena cedera.

Menurut catatan ESPN, Weghorst cuma melepaskan satu percobaan tembakan dan tidak tepat sasaran. Penyerang Timnas Belanda itu akhirnya digantikan Scott McTominay pada menit ke-69.

"Saya rasa tidak gampang untuk seorang pemain masuk ke dalam tim yang sudah punya gaya main yang pakem selama 7-8 bulan. Anda lalu harus bermain dan cuma punya satu laga untuk menganalisanya, saya rasa itu tidak cukup," ucap Erik ten Hag usai pertandingan.