Husna Rahmayunita
Skuad Timnas Indonesia sebelum menghadapi Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). Indonesia berhasil menang 2-1 atas Filipina (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj)

Gol.bolatimes.com - Timnas Vietnam gagal menjuarai Piala AFF 2022, namun The Golden Star dianggap mampu bersaing dengan Thailand, bukan dengan Timnas Indonesia atau Malaysia.

Salah satu media Vietnam, Bongda.vn, menganggap pertemuan Thailand dan Vietnam di final Piala AFF 2022 adalah pertandingan ideal. Sebab, Vietnam yang dikomandoi Park Hang-seo memiliki kekuatan yang tak bisa diremehkan.

"Sepak bola Vietnam dalam limatahun terakhir membanggakan dan mengesankan baik di level Vietnam U-23 maupun senior Pada tahap ini, tidak ada tim di Asia Tenggara yang sesukses Golden Star Warriors," tulis Bongda.vn disadur, Selasa (24/1/2023).

Kehadiran Park Hang-seo disebut menjadi salah satu kunci kejayaan Vietnam hingga mampu bersaing dengan Thailand beberapa tahun terakhir. Bahkan, perkembangan sepak bola Vietnam dianggap lebih progresif ketimbang Skuad Gajah Putih.

"Thailand dan Vietnam mengincar tujuan yang tinggi untuk mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2022, sehingga dapat dikatakan bahwa kompetisi di lapanganlah yang membantu kedua belah pihak saling mempromosikan untuk melangkah lebih jauh," imbuhnya.

Lebih jauh, kekuatan Vietnam dianggap belum bisa disaingi oleh Timnas Indonesia dan Malaysia meski kedua tim juga diperhitungkan di Asia Tenggara.

"Dengan Tndonesia dan Malaysia, kami menerima kenyataan bahwa dalam 5 tahun terakhir, tidak ada cara untuk membandingkanya dengan Vietnam,"

"Mereka mengidentifikasi tim kaos merah di level yang jauh lebih tinggi, dipimpin oleh pelatih berbakat, membawa "keajaiban" dari Korea," terangnya.