Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia Shayne Pattynama. (Instagram/@mochamadiriawan84)

Gol.bolatimes.com - Pemain berdarah Indonesia, Shayne Pattynama dijadwalkan melakoni sumpag menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) hari ini, Selasa (24/1/2023). Ia segera berseragam Timnas Indonesia.

Pengambilan sumpah WNI Shayne Pattynama dijadwalkan berlangsung di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta pada pukul 17.00 WIB. Tahap ini sekaligus menandai rampungnya proses naturalisasi pemain berdarah Belanda ini sebagai WNI.

Shayne Pattynama akan menyusul dua pemain keturunan lainnya yang sudah lebih dulu dinaturalisasi yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Nama pertama bahkan sudah menjalani debut bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 lalu.

Pemain berdarah Belanda-Indonesia itu telah tiba di Tanah Air, Senin (23/1). Kabar itu salah satunya disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan melalui unggahan di akun Instagram miliknya.

Terlihat, Shayne Pattynama tengah berada di Bandara Soekarno Hatta bersama utusan PSSI Hamdan Hamedan.

Dalam unggahan Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, Shayne Pattynama tengah mengenakan kostum yang akan digunakannya buat menjalani sumpah WNI.

Ia terlihat mengenakan peci, setelan jas kemeja, dan dasi yang kemungkinan baru dibeli karena dalam foto tersebut pemain Viking FK itu berada di sebuah toko.

"Shayne sudah tiba. Begitu pesan singkat yang masuk ke handphone saya dari Bung Hamdan Hamedan (kemarin) sore. Alhamdulillah, semua berjalan sesuai rencana tanpa kendala," kata Iriawan dilansir dari unggahan Instagram miliknya, Selasa (24/1/2023).

Lebih jauh, proses naturalisasi Shayne Pattynama terbilang cepat mantan Kapolda Metro Jaya itu pun berterima kasih atas dukungan yang sudah diberikan agar proses naturalisasi lancar.

"Proses Naturalisasi Shayne terbilang cukup cepat. Langkah demi langkah administratif berjalan tanpa hambatan. Dukungan tidak berhenti dari semua elemen yang terkait Tentu saja, ini juga karena berkah doa dari semua masyarakat Indonesia," jelasnya.