Husna Rahmayunita
Wonderkid Persebaya, Marselino Ferdinan. (YouTube/Ram Surahman)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso mendukung Marselino Ferdinan melanjutkan karier di luar negeri. Dia mengaku ikhlas melepas salah satu wonderkinya.

Rumor merebak, Marselino Ferdinan diminati dua klub Belgia. Wonderkid Persebaya dan Timnas Indonesia itu disebut-sebut akan terbang ke Belgia untuk negosiasi.

Aji Santoso pun menegaskan dirinya mendukung keputusan Marselino Ferdinan bila jadi merumput di luar negeri.

"Untuk keberangkatan Marselino manajemen yang akan mengumumkan, yang jelas saya sebagai pelatih, misalkan Marselino ke luar negeri untuk menjalani trial dan lolos, saya akan bangga dan saya akan support," ujarnya usai laga lawan Bhayangkara FC, Senin (23/1/2023).

Tentunya, menurut dia, tim pelatih akan ikhlas melepas Marselino Ferdinan karena untuk perkembangan karier sang pemain.

"Oleh karena itu, kemarin saya bilang, jika Marsel ke luar negeri dan tidak kembali ke Indonesia, saya akan ikhlas," imbuhnya.

Sementar itu, manajemen Persebaya Surabaya memastikan Marselin Ferdinan bakal bertolak ke Belgia dan absen pada laga lawan Madura United di lanjutan BRI Liga 1, Minggu (29/1).

"Untuk masalah Marsel, kami lihat dulu perkembangannya, yang jelas pekan ini, Insya Allah 25 Januari, dia ke Belgia," kata manajer Persebaya Surabaya Yahya Alkatiri

"Untuk kepastiannya akan ada pengumuman dari manajemen Persebaya," imbuhnya.

Marselino Ferdinan mengawali karir sepak bolanya bersama Bintang Timur di Kompetisi Kapal Persebaya (KKAP) Seri A U-15, kemudian kiprahnya berlanjut di ajang Elite Pro Academy U-16.

Pemain kelahiran 9 September 2004 tersebut mencatatkan namanya di papan skor saat Persebaya U-16 kalah 1-2 dari Kalteng Putra, kemudian kembali mempersembahkan gol di laga menghadapi Borneo FC.

Penampilan apiknya di Seri 1 kala itu membuat Marselino dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-15, hingga menjadi bagian tim pada ajang Piala AFF U-15 2019.

Marselino Ferdinan bergabung dengan tim utama Persebaya di Liga 1 pada musim 2021/2022. Adik kandung dari pemain PSIS Oktafianus Fernando tersebut melakukan debut pada 11 September 2021 dalam pertandingan melawan Persikabo.

Hingga saat ini pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih mengandalkan Marselino Ferdinan untuk memperkuat tim Garuda, baik junior maupun ke level senior.

(Antara)