Galih Prasetyo
Aksi Shayne Pattynama bersama klubnya Viking FK. (Instagram)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia akan semakin kuat dengan kehadiran pemain naturalisasi Shayne Pattynama. Hari ini, Selasa (24/1/2023), Shayne Pattynama akan mengambil sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

Kehadiran Shayne dipercaya publik sepak bola Indonesia akan menambah kuat tim racikan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023.

Shayne saat ini bermain sebagai full back kiri di Viking FK. Dengan Shayne di kiri, sementara Sandy Walsh di full back kanan, sisi sayap timnas Indonesia tentu saja akan sangat mengerikan.

Baca Juga:
Shayne Pattynama Jadi WNI, Klub Viking FK Datangkan Pemain Baru dari Negara Tetangga Indonesia

Menariknya, Shayne Pattynama tidak hanya bisa di-plot sebagai gelandang jangkar. Jika Shin Tae-yong tidak ingin menyisihkan Pratama Arhan, ia masih memiliki opsi memainkan Shayne sebagai pemain tengah.

Shayne yang merupakan pemain jebolan Jong Ajax ini bergabung ke klub Norwegia, Viking FK pada 1 April 2021.

Sejak bergabung bersama Viking FK, Shayne memiliki catatan statistik yang cukup mentereng. Pada musim pertamanya bersama Viking FK, Shayne memainkan 24 pertandingan atau 888 menit di Eliteserien, liga tertinggi Norwegia.

Baca Juga:
Ganteng Maksimal! Penampilan Shayne Pattynama Jelang Jalani Sumpah Jadi Warga Negara Indonesia

Menariknya di 2022, Shayne mendapat kesempatan bermain yang lebih sedikit bersama Viking FK di Eliteserien yakni 18 pertandingan namun mempunya menit bermain lebih banyak yakni 1053 menit.

Sebagai pemain yang ikut membantu skema penyerangan dan juga menjaga lini belakang, Shayne merupakan pemain taktis dan juga tanpa kompromi.

Dari 18 pertandingan di 2022, Shayne mengoleksi 3 kartu kuning. Koleksi 3 kartu kuning juga diperoleh Shayne di musm pertamanya bersama Viking FK.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia usai Shayne Pattynama Dinaturalisasi, Posisi Pratama Arhan Terancam?

Tidak hanya berkontrobusi di kompetisi lokal, tenaga Shayne pun menjadi bagian penting bagi perjalanan Viking FK di kompetisi Eropa, UEFA Europa Conference League.

Di musim 2022-23, bersama Viking FK, Shayne Pattynama telah bermain sebanyak 6 pertandingan atau 493 menit. Dari 6 laga itu, 1 asisst telah disumbang Shayne.

Shayne Pattynama memulai kariernya di SV Lelystad ’67. Ia lalu sempat menimba ilmu di akademi Ajax pada 2007 hingga 2010. Debutnya sebagai pemain profesional terjadi pada 2017 bersama klub Jong Utrecht.

Baca Juga:
Shayne Pattynama Jalani Sumpah WNI Hari Ini, Segera Berseragam Timnas Indonesia

Pemain kelahiran Lelystad, Belanda, 24 tahun silam itu direkrut oleh Viking FK dari klub Belanda, Telstar. Namun proses kepindahannya sempat terkendala masalah izin kerja.

“Saya memiliki Viking karena saya telah mendengar tentang minat mereka selama beberapa bulan terakhir. Saya berbicara dengan para pelatih dan sepertinya mereka punya rencana baik untuk saya. Itu memberi saya perasaan baik untuk klub,” jelas Shayne saat awal bergabung di Viking FK.