Husna Rahmayunita
Bek kanan timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam masuk nominasi bek terbaik di fase grup Piala AFF 2022. (Dok. affmitsubishielectriccup.com)

Gol.bolatimes.com - Bek kanan Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam tengah dikaitkan dengan Jeonnam Dragons. Kabar tersebut sampai ke media Vietnam yang jutru mengungkit catatan Park Hang-seo.

Bukan tanpa sebab, klub Divisi Dua Korea Selatan (K League 2), Jeonnam Dragons merupakan mantan tim Park Hang-seo sebelum menjadi juru taktik Timnas Vietnam.

Ketika rumor Asnawi Mangkualam hijrah ke Jeonnam Dragons merebak sejak Rabu (25/1/2023), nama Park Hang-seo ikut disebut-sebut.

Asnawi Mangkualam santer dikabarkan hengkang dari Ansan Greeners dan pindah Jeonnam Dragons yang sama-sama bermain di K League 2. Salah satu pilar Timnas Indonesia itu bahkan disebut sudah menjalani tes medis.

Salah satu media Vietnam, Soha.vn menyebut kehadiran Asnawi Mangkualam akan menambah kekuatan Jeonnam Dragons yang tampil buruk di musim lalu usai finis sebagai juru kunci K League 2.

"Tim ini (Jeonnam Dragons) perlu berinvestasi banyak untuk meningkatkan performa mereka, sehingga mereka memasukkan Asnawi sebagai pilihan utama rencana mereka," tulisnya.

Namun, Jeonnam Dragons diklaim mesti mengeluarkan uang untuk memboyong Asnawi Mangkualam karena kontraknya di Ansan Greeners sampai akhir tahun 2023.

Di sisi lain, Jeonnam Dragons bukan tempat yang 'indah' bagi Park Hang-seo. Alih-alih moncer, Park Hang-seo kesulitan membawa tim berjaya.

Diketahui, Park Hang-seo mengabdi di klub tersebut pada 2008-2010. Menurut media Vietnam, sang juru taktik tak meninggalkan kesan manis di Jeonnam Dragons.

"Pelatih Vietnam itu tidak meninggalkan banyak kesan dan kehilangan pekerjaannya setelah itu. Tingkat kemenangan Park Hangs-seo di tim ini hanya 35%,, terendah kedua dalam sejarahnya sebagai pelatih kepala," pungkasnya.