Muhammad Ilham Baktora
Shayne Pattynama (kiri) menjabat tangan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta, Selasa (24/1/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww)

Gol.bolatimes.com - Shayne Pattynama siap menerima kritik pedas dari pendukung jika nantinya bermain buruk bersama Timnas Indonesia.

Pemain asal Belanda yang baru saja dinaturalisasi ini berjanji untuk memberikan performa yang paling baik. Kehadirannya diharapkan dapat meningkatkan kualitas Timnas Indonesia dan dia siap dikritik habis-habisan jika tim masih belum bisa bermain baik.

Shayne Pattynama mengakui bahwa suporter Timnas Indonesia memiliki harapan besar dari dirinya saat bermain di Timnas. Sehingga apapun masukan bahkan kritikan bakal ia terima.

Baca Juga:
Usai Jadi WNI, Shayne Pattynama Sampaikan Pujian untuk 2 Pemain Timnas Indonesia

"Saya sudah tak sabar untuk bermain dengan Timnas Indonesia. Di sisi lain, suporter memiliki energi yang besar dan dukungan untuk kami," terang Shayne, Jumat (27/1/2023).

Shayne Pattynama saat ini masih membela Viking FK dan kemungkinan akan debut bersama Timnas Indonesia pada bulan Maret 2023. Hal itu menyusul dengan FIFA Matchday yang digelar pada bulan itu.

Pemain berusia 24 tahun tersebut adalah pemain bek kiri dan juga bisa diandalkan sebagai gelandang tengah jika diperlukan.

Baca Juga:
Shayne Pattynama Ternyata Digoda Gabung Klub BRI Liga 1, Ini Respons Tegasnya

Kehadiran Shayne Pattynama memang disorot saat ini namun dia harus bisa bersaing dengan penempat posisi tetap, Pratama Arhan yang selalu diandalkan Shin Tae-yong dalam sejumlah pertandingan.

Hingga kini persiapan untuk melakoni FIFA Matchday, PSSI belum memberikan informasi lebih lanjut, apakah Indonesia akan memberi jawaban atau tidak. Di sisi lain, Shin Tae-yong masih berada di kampung halamannya, Korea Selatan.

Kendati  demikian, pelatih 52 tahun ini diketahui akan kembali melatih skuad Garuda pada Februari 2023. Tak hanya persiapan FIFA Matchday, Indonesia juga sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Mei mendatang dan Piala Asia U-20 yang bergulir pada Maret.

Baca Juga:
Reaksi Berkelas Jordi Amat usai Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI