Muhammad Ilham Baktora
Pemain Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka. (Instagram/@arkhan8kaka)

Gol.bolatimes.com - Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia U-20 akhirnya memanggil nama pemain muda Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan di Jakarta, dalam menyiapkan Piala Asia U-20 2023.

Nama Arkhan Kaka, yang sempat dilatih Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16 menjadi salah satu pemain muda yang dipanggil. Ia naik kelas untuk memperebutkan posisi penyerang di Timnas Indonesia U-20.

Profil Arkhan Kaka

Baca Juga:
Prestasi Terbaik Tim ASEAN di Piala Asia: Kejutan, Tim yang Jadi Lumbung Gol Ini Pernah Raih Runner-up

Pemain muda ini bernama lengkap Arkhan Kaka Putra Purwanto. Ia adalah seorang pemain sepak bola muda yang lahir di Blitar pada tanggal 2 September 2007 silam.

Pemain muda ini berusia 14 tahun. Untuk diketahui, Arkhan Kaka adalah putra dari seorang mantan pesepak bola yang pernah membela Persija Jakarta dan Timnas Indonesia, Purwanto Suwondo.

Membahas sedikit nama Purwanto, ia adalah seorang striker yang lahir di Lampung yang telah berkarir selama 24 tahun di dunia sepak bola Indonesia. Ia pernah bermain untuk beberapa klub seperti PSBL Lampung dan Persitara Jakarta Utara.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Panggil 30 Pemain untuk Pemusatan Latihan Piala Asia U20 2023, Ada Dua Nama Baru

Usai memutuskan pensiun dari sepak bola profesional, ia sempat menjadi pelatih. Saat itu Sulut United merupakan klub yang ia nahkodai.

Bakat Purwanto sebagai striker akhirnya diteruskan oleh anaknya, Arkhan Kaka. Sejak usia muda, Kaka sudah bergabung dengan SSB Tunas Muda Blitar.

Ia banyak belajar terkait sepak bola dan kemudian bergabung dengan Bhayangkara FC U-16. Saat itu Bhayangkara FC U-16 berkompetisi di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16.

Baca Juga:
Tak Sabar Bela Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Rela Dikritik jika Main Buruk di Laga Debutnya

Bersama klub tersebut, ia berhasil mencetak sembilan gol, yang menunjukkan bahwa Kaka, memiliki insting gol yang baik.

Meskipun perjuangan Arkhan Kaka untuk masuk ke skuad timnas Indonesia U-16 tidaklah mudah, ia berhasil bangkit dan kembali dipanggil ke timnas setelah sempat dicoret pada seleksi awal.

Bermain di Timnas Indonesia U-16 dan membantu menjadikan Garuda Muda juara Piala AFF U-16 2022, Kaka semakin mendapat sorotan.

Hasilnya, ia mulai mendapat panggilan ke Timnas Indonesia U-20 yang dinahkodai Shin Tae-yong untuk mengarungi Piala Asia U20 2022.