Irwan Febri Rialdi
Kiper Ajax berdarah Sunda, Dayen Gentenaar. (Instagram/dayengentenaar)

Gol.bolatimes.com - Nama Dayen Gentenaar tengah menjadi perbincangan publik setelah diisukan masuk dalam daftar naturalisasi bidikan Shin Tae-yong dan PSSI.

Dayen Gentenaar diketahui juga memiliki darah keturunan Indonesia, cocok dengan kriteria yang tengah dicari Shin Tae-yong dan PSSI dalam membentuk skuad.

Guna membentuk skuad timnas Indonesia yang mumpuni, PSSI dan Shin Tae-yong bekerja sama membangun tim dengan sederet pemain keturunan dan naturalisasi.

Sederet nama seperti Elkan Baggott, Jack Brown, Justin Hubner dan Ivar Jenner sudah masuk dalam daftar pemain dengan kriteria tersebut.

Beberapa di antaranya bahkan sudah berseragam Merah Putih dan membela timnas Indonesia di ajang bergengsi Asia Tenggara.

Kini muncul sosok Dayen Gentenaar, pemain yang berposisi sebagai kiper dan dinilai sebagai pesaing sepadan bagi M. Adi Satryo.

Profil Dayen Gentenaar

Pemuda kelahiran 18 Juni 2001 di Belanda, meski begitu darah Indonesia mengalir dalam tubuhnya dari sang ayah, Dennis Guntenaar.

Dennis merupakan mantan kiper Ajax Amsterdam yang dikabarkan memiliki keturunan Indonesia, Dayen mengawali karier di NEC Nijmegen.

Namun ia pernah menimba ilmu juga di Borussia Dortmund dan Ajax Amsterdam, darah sepak bola sudah bergejolak dalam nadinya sejak usianya masih 3 tahun.

Saat itu ia bermain untuk sebuah tim di daerah kelahirannya, SV Blauw Wit dan menariknya ia pertama kali terjun ke sepak bola tidak sebagai seorang kiper.

Bermain sebagai striker saat bergabung SV Ouderkerk, barulah di saat usianya menginjak 11 tahun mulai banting stir menjadi seorang kiper dan berlanjut hingga usianya 18 tahun.

Karier Dayen sempat berlanjut ke Uni Emirat Arab saat keluarganya memutuskan pindah ke negara tersebut karena sang ayah mendapatkan pekerjaan di Abu Dhabi.

Tak lama setelah itu Dayen direkrut klub kondang UEA, Al Wahda FC yang saat ini bermain di kasta tertinggi kompetisi untuk kelompok usia 23 tahun.

Memiliki postur seinggi 180 sentimeter memudahkan Dayen menjaga gawangnya tak kebobolan, karena itulah sosoknya dianggap pantas berada di skuad timnas Indonesia U-20.

Kini Dayen bermain di Belanda bersama AFC Amsterdam U-21, setelah transfer dari Al Wahda FC pada Juli 2021 lalu.

Biodata Singkat Dayen

Nama Lengkap: Dayen Gentenaar
Tanggal lahir / Umur: 18 Jun 2001 (21)
Tempat kelahiran: Belanda, Nijmegen
Kewarganegaraan: Belanda
Tinggi: 1,80 m
Posisi: Kiper

Karier Klub

2011 (Ouderkerk Yth - AFC Youth)
2017 (AFC Youth - AFC U-17)
2018 (AFC U-17 - AFC U-18)
2019 (AFC U-18 - Wahda Reserve)
2021 (Wahda Reserve - AFC U-21)

Kontributor: Eko