Galih Prasetyo
Markas klub Jeonnam Dragons, Gwangyang Football Stadium, klub baru Asnawi Mangkualam (sportslight.co.kr)

Gol.bolatimes.com - Usai diumumkan secara resmi bergabung dengan Jeonnam Dragons, pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam langsung berlatih keras bersama rekan-rekan barunya.

Pada unggahan video akun resmi Jeonnam Dragons, terlihat Asnawi Mangakulam melakukan sejumlah latihan fisik di markas klub K-League 2 itu, Gwangyang Football Stadium.

Terlihat Asnawi Mangkualam mengangkat sebuah beban di pundaknya sembari melakukan passing bola. Sejumlah pemain Jeonnam Dragons lainnya pun melakukan latihan fisik yang sama beratnya.

Baca Juga:
Unggah Momen Asnawi Mangkualam Latihan, Jeonnam Dragons Kena Nyinyir Netizen Indonesia

Dalam caption unggahan video tersebut, Jeonnam Dragons langsung menggunakan bahasa Indonesia yang tentu saja menarik perhatin pecinta sepak bola nasional.

"Latihan fisik," tulis Jeonnam Dragons. Sejumlah netizen Indonesia pun berharap Asnawi Mangkualam bisa langsung segera beradaptasi dan bisa langsung bermain di tim utama Jeonnam Dragons.

Namun, dari sejumlah komentar yang masuk di video unggahan tersebut ada juga netizen Indonesia yang malah berkomentar miring soal kondisi rumput stadion.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Langsung Digembleng Latihan Keras di Jeonnam Dragons, Bikin Netizen Kagum

Dalam video memang terlihat rumput di Gwangyang Football Stadium terlihat kering. Namun, kondisi itu disebabkan musim dingin.

"bang, rumput nya semprot cat coba, biar keliatan ijo," nyinyir salah satu netizen +62

"Tentang stadion memang seprtinya lbh bagus ansan...kapasitas stadion jeonnam cuma belasan ribu,"

Baca Juga:
Bergabung ke Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam Tak Sabar Bertanding di Lapangan

"Yg blg rumputnya jelek keknya lu norak bgt ya, itu situasi lgi musim dingin jdi rumpunya kek gitu klo udh musim panas bakal ijo lgi," balas netizen Indonesia yang kesal dengan nyinyiran soal rumput.

"Lapangan aja sampe di nyinyir juga. Oiya lupa kan prinsip +62People: Bullying is number one," sambung akun lainnya.

Lantas seperti apa sejarah markas Jeonnam Dragons, Gwangyang Football Stadium? Berikut ulasannya

Baca Juga:
Tekad Membara Asnawi Mangkualam usai Resmi Direkrut Jeonnam Dragons

Dibanding Ansan Wa Stadium, markas Ansan Greeners, klub lama Asnawi Mangkualam, stadion milik Jeonnam Dragons memang memiliki kapasitas tempat duduk lebih sedikit.

Ansan Wa Stadium mempunyai kapasitas tempat duduk sebanyak 35ribu sedangkan Gwangyang hanya mempunyai 13ribu. Namun jika diperlukan, tribun di stadion ini bisa menampung 20ribu orang.

Gwangyang Football Stadium dibangun pada 1992 dan baru resmi dibuka setahun setelahnya. Stadion ini memiliki julukan Dragon Dungeon.

Berlokasi di Gwangyang-si, Jeollanam-do, stadion ini seperti dikutip dari data Trasnfermarkt mempunyai rumput alami bukan sintetis.

Dikutip dari berbagai sumber, stadion ini dimiliki oleh pemerintah kota Gwangyang.

Yang menarik, meski dianggap netizen +62 sebagai stadion kecil dan punya rumput jelek, markas Jeonnam Dragons ini pada 2007 menjadi salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-17 2007.

Pada Piala Dunia U-17 2007, sejumlah negara seperti Brasil, Spanyol, Prancis, Argentina, Jepang, serta Nigeria bermain di stadion ini.

Pemain top seperti David de Gea, James Rodríguez hingga Mamadou Sakho pernah merasakan rumput stadion ini.

Selain itu, sisi penerangan stadion ini juga salah satu yang terbaik. Stadion milik Jeonnam Dragons memiliki lampu LED berkualitas tinggi seri SPL yang dirancang untuk kualitas penyiaran 4k, 8K HD.