Husna Rahmayunita
Asnawi Mangkualam gabung Jeonnam Dragons. (Instagram/jeonnamdragons_fc)

Gol.bolatimes.com - Kepindahan Bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam ke Jeonnam Dragons menjadi perbincangan baru-baru ini. Mantan pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts buka suara.

Robert Rene Albert ikut berbahagia dengan pilihan Asnawi Mangkualam yang tetap melanjutkan karier di luar negeri. Dia menilai keputusan tersebut tepat.

"So happy to see @asnawi_bhr succeed in foreign league (senang melihat asnawi sukses di liga luar negeri. Kamsahamnida. Bagusss --red)," tulisnya di Instagram.

Pelatih asal Belanda tersebut menilai Asnawi Mangkulam seorang pemain yang memiliki sikap yang bagus, baik di dalam maupun luar lapangan.

"Di Indonesia saat memilih pemain muda seperti Asnawi, saya sangat menyukainya ketika membawanya kembali," ujarnya dalam wawancara bersama Sport77.

Asnawi Mangkualam diketahui sempat memperkuat PSM Makassar sebelum hijrah ke Korea Selatan. Kala itu, Skuad Juku Ija dilatih oleh Robert Albert yang sudah menyadari talenta sang pemain sejak awal.

Bahkan Robert Albert sampai melobi ayah Asnawi Mangkualam, Bahar, yang saat itu menjabat sebagai asisten pelatih PSM Makassar.

"Saya bertanya kepada ayahnya (Asnawi), Bahar, mengapa Asnawi tidak bermain untuk PSM?Saya berkata, dia adalah anak Makassar, bukan sebuah masalah jika ia anak anda atau bukan, jika saya rasa dia cukup baik untuk ber main, dia akan bermain. Jika dia tidak cukup baik maka dia tidak akan bermain. Saya tidak akan terpengaruh dengan fakta itu anak anda," terang pelatih yang juga sempat menukangi Persib Bandung tersebut.

Asnawi Mangkualam hengkang dari Ansan Greeners ke Jeonnam Dragons yang sama-sama merumput di Divisi Dua Liga Korea Selatan (K League 2).