Muhammad Ilham Baktora
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (ketiga kanan) beserta para pemain dan staf pelatih menyapa para suporter usai mengalahkan Timnas Kamboja dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). Indonesia menang dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.

Gol.bolatimes.com - PSSI resmi menunjuk Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri melatih Timnas Indonesia U-23 yang akan bertanding di SEA Games 2023 Kamboja.

Namun, pemilihan Indra Sjafri menyulut media Vietnam, Soha.vn bereaksi. Ia menyindir prestasi Shin Tae-yong yang memiliki andil kuat untuk Timnas Indonesia selama melatih karena tak sebaik Indra Sjafri.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 memiliki agenda cukup dekat pada Mei 2023 mendatang. Skuad Garuda Muda akan melakoni gelaran akbar SEA Games 2023 Kamboja.

Baca Juga:
Hasil Evaluasi: PSSI Resmi Pertahankan Shin Tae-yong, Minta Bekerja Lebih Baik Lagi

Pada 31 Januari 2023, Exco PSSI mengumumkan keputusan mereka dan menunjuk Indra Sjafri sebagai pelatih untuk skuad Garuda Muda.

Melansir Soha.vn, Rabu (1/2/2023), prestasi antara Indra Sjafri dan Shin Tae-yong saat melatih Timnas Indonesia U-23 berbeda. Soha.vn membanding-bandingkan hasil tangan dingin kedua pelatih selama membesut Garuda Muda U-23.

"Indra Sjafri pernah bawa Timnas Indonesia U-23 tampil di SEA Games 2019. Anehnya Indra mencatat hasil yang lebih bagus daripada Shin Tae-yong," tulis Soha.vn.

Baca Juga:
Cristiano Ronaldo Menginap di Hotel Mewah Riyadh, Sebulan Bisa Beli 3 Klub Liga 2 Indonesia

Ia menjelaskan bahwa di tangan Indra Sjafri, Garuda Muda mampu lolos ke final. Namun tumbang di tangan Vietnam U-23.

"Sementara Shin Tae-yong hanya membawa Timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu," sebutnya.

Media tersebut juga menyebutkan bahwa prestasi pelatih lokal (Indonesia) terbaik saat ini memang ada di tangan Indra Sjafri. Sejumlah hasil seperti juara Piala AFF U-19 2013 dan juga juara Piala AFF U-22 2019.

Baca Juga:
Dirtek AS Trencin Bongkar Alasan Lepas Witan Sulaeman ke Persija Jakarta

Meski demikian, Shin Tae-yong memiliki tanggungjawab lain untuk Timnas Indonesia kelompok umur yang lain. Mendekati Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20, pelatih asal Korea Selatan ini diproyeksikan untuk melatih skuad Garuda Muda.

Shin Tae-yong sudah memanggil 30 nama calon pemain untuk diseleksi dalam pemusatan latihan atau TC. Nantinya nama-nama yang dipiliha akan diboyong ke Uzbekistan. Timnas Indonesua U-20 akan memulai pertandingan di bulan Maret 2023.

Selanjutnya pada Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia sebagai tuan rumah akan dimulai pada Mei 2023 mendatang.