Rauhanda Riyantama
Timnas Wanita India saat menghadapi Iran di laga perdana Grup A Piala Asia Wanita 2022. [Instagram@ indianfootball]

Gol.bolatimes.com - Peringatan World Hijab Day yang jatuh setiap tanggal 1 Februari ini juga berdampak pada aktivitas di kompetisi sepak bola wanita.

World Hijab Day pertama kali dicetuskan pada 2013, diperingati setidaknya 140 negara yang tersebar di seluruh dunia.

Melalui laman resminya, World Hijab Day menyebut perayaan ini dilakukan jutaan perempuan muslim dalam memilih pengenaan hijab.

Baca Juga:
Indonesia Makin Tertinggal, Liga Singapura akan Terapkan VAR di Musim 2023

Bisa dengan hijab itu sendiri, jilbab, atau kerudung di dalam hidupnya dengan kerendahan hati tetap diutamakan dan hanya mencari ridho.

Sementara di dunia sepak bola, pemakaian hijab menjadi cerita dan bahkan isu yang menarik untuk diceritakan sendiri.

Iran sempat dilarang tampil di Kualifikasi Olimpiade pada 2011 karena para pemain mereka mengenakan hijab, sesuai dengan aturan FIFA yang melarang penggunaan simbol religius tertentu.

Baca Juga:
Siapa Yuli Sumpil, Dirigen Arema FC yang Viral di Twitter? Pernah Jadi Bintang Film dan Pecinta Burung

Sementara The Guardian menyebut aturan tersebut mengada-ada bahkan lemah karena banyak pesepak bola Eropa yang meggunakan tanda salib di tubuh lewat goresan tato dan gestur.

FIFA pun mengoreksi alasan pelarangan hijab, kali ini berkaitan dengan keselamatan namun setahun kemudian IFAB mengajukan ke FIFA agar para perempuan diizinkan memakai hijab.

Lewat beragam uji coba, penggunaan hijab di dunia sepak bola akhirnya disetujui FIFA hingga menjadi lazim, meskipun semua syarat dan regulasi medis dari IFAB.

Baca Juga:
3 Pemain Garuda Select yang Menonjol Selama Uji Coba di Italia

Sejarah pun tercipta pada Oktober 2016, tepatnya di Piala Dunia U-17 di Amman, Yordania dan untuk pertama kalinya penggunaan hijab diizinkan dan disambut dengan tangan terbuka.

Pada 2018, muncul satu momen yang membuat banyak orang tergugah hatinya dalam sebuah pertandingan di Yordania, saat seorang pemain berhijab tanpa sengaja nyaris melepaskan hijabnya.

Melihat kejadian itu, beberapa pemain lain termasuk pemain tim lawan segera membuat barisan memutar dengan tujuan agar si pemain tadi bisa membetulkan hijabnya.

Momen tersebut viral di media sosial, tak sedikit dari netizen yang memuji sikap yang dari para pemain lain meski berstatus tim lawan.

Kontributor: Eko