Irwan Febri Rialdi | Arief Apriadi
Pemain muda Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan resmi direkrut klub Belgia, KMSK Deinz. (Instagram/@marselinoferdinan10)

Gol.bolatimes.com - Marselino Ferdinan resmi bergabung klub Belgia, KMSK Deinze. Bisa dibilang, dia satu-satunya pemain 'non-titipan' dari tiga pemain Asia yang direkrut.

Sebagai informasi, KMSK Deinze kini memiliki tiga pemain Asia yang semuanya mereka rekrut musim ini, yakni Ilhan Fandi (Singapura), Yuta Miyamoto (Jepang), Marselino Ferdinan (Indonesia).

Ketiga pemain ini direkrut KMSK Deinze dengan status bebas transfer. Marselino diboyong dari Persebaya Surabaya, Ilhan dari Albirex Niigata dan Miyamoto dari Urawa Reds.

Menariknya, Marselino Ferdinan bisa dikatakan jadi satu-satunya pemain Asia "non-titipan" yang bergabung ke klub divisi dua Liga Belgia alias Challenger Pro League tersebut.

Gelandang 19 tahun itu di atas kertas tidak memiliki hubungan langsung dengan KMSK Deinze. Hal itu berbeda dengan Ilhan dan Miyamoto.

Sebagai informasi, KMSK Deinze adalah klub Belgia yang telah diakuisisi perusahaan Singapura bernama ACA Football Partners Pte (ACAFP). Ltd pada 2022. CEO atau pimpinan perusahaan tersebut adalah Hiroyuki Ono asal Jepang.

Merujuk data tersebut, Ilhan bisa dibilang datang karena ada afiliasi dirinya dengan KMSK Deinze yang kini dikelola perusahaan asal negaranya, Singapura.

Sementara itu, Yuta Miyamoto terafiliasi dengan CEO ACAFP yang merupakan orang Jepang, Hiroyuki Ono.

Hiroyuki Ono bahkan sempat mengatakan bahwa tujuan ACAFP mengakuisisi KMSK Deinze adalah untuk mengembangkan bisnis sepak bola kancah Eropa ke Asia.

"Kami juga berharap bisnis kami akan menghasilkan peluang baru bagi pemain Jepang dan Asia," kata Hiroyuki Ono dikutip laman resmi ACAFP, Kamis (2/2/2023).

"Kami berharap dapat mengambil bagian dalam mengembangkan bisnis sepak bola dengan menghubungkan kancah sepak bola Eropa dan pasar global terutama Asia."

Terlepas dari itu semua, Marselino Ferdinan resmi berseragam klub Belgia, KMSK Deinze pada Rabu (1/2/2023). Dia dikontrak selama satu setengah tahun dengan opsi perpanjangan semusim.