Muhammad Ilham Baktora
Momen Shin Tae-yong memberi aba-aba ke pemainnya saat bertanding. (Instagram/@shintaeyong7777)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menjadi momok untuk sejumlah pelatih di wilayah Asia. Pelatih asal Korsel ini dianggap menjadi biang pemecatan pelatih Timnas Vietnam U-20 Dinh The Nam, saat gagal mengalahkan Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Tidak hanya Dinh The Nam, ada sejumlah pelatih lain yang menjadi korban kecerdikan Shin Tae-yong membungkam lawannya di pertandingan sepak bola.

Berikut 5 pelatih yang harus menjadi korban hingga dipecat seusai menghadapi Timnas Indonesia di bawah nahkoda Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Enggan Berpaling ke yang Lain, PSM Makassar Pertahankan Bernardo Tavares Sebagai Pelatih Kepala

1. Tan Cheng Hoe

Pelatih yang pertama jadi korban Shin Tae-yong adalah pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe.

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. (Dok. FAM).

Shin Tae-yong berhasil melumat Harimau Malaya dengan skor 1-4 saat di babak penyisihan grup Piala AFF 2020 lalu.

Baca Juga:
Gol Tak Masuk Akal Justin Hubner Bikin Wolves Gagal Move on, Publik Sebut Titisan Zlatan Ibrahimovic

Imbasnya, Tan Cheng Hoe tak lagi terlihat melatih Timnas Malaysia meskipun ia mengajukan diri untuk mundur. Selanjutnya nama Kim Pan-gon hadir menggantikan pelatih lama.

2. Vitezslav Lavicka

Nama pelatih ini mengemas prestasi yang mentereng saat menukangi Slovan Liberec dan Sparta Praha di Liga Republik Ceko. Sayang, ketajamannya hingga membawa dua klub itu juara di liga tak berarti apapun dalam tekanan Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Banyak Anak Asuhnya Dipanggil ke Timnas Indonesia U-20, Thomas Doll Sentil Shin Tae-yong

Mantan Pelatih Timnas Kuwait, Vitezslav Lavicka. (Twitter/@asothdotcom)

Vitezslav Lavicka harus tertunduk lesu saat menukangi Kuwait yang kalah 2-1 dari Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebenarnya Kuwait memiliki kesempatan lolos jika saja mampu mengalahkan Yordania di babak penyisihan terakhir. Sayang hal itu menjadi pil pahit.

"Saya minta maaf dari hasil yang mengecewakan ini kepada Kuwait. Penampilan buruk melawan Yordania membawa kekecewaan publik," kata dia dikutip dari AFC.

3. Damien Hertog

Nama pelatih Damien Hertog menjadi korban selanjutnya. Pelatih yang menukangi hingga membawa juara untuk Timnas Arab Saudi U-19 di Piala Asia U-19 2018 itu harus dipecat oleh Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF).

Mantan Pelatih Timnas Arab Saudi U-19, Damien Hertog. (Twitter/@SSDFT_EN)

Buntut pemecatannya bermula saat Timnas Arab Saudi U-19 uji coba dengan anak asuh Shin Tae-yong. Pada pertandingan tersebut Indonesia nyaris kalah telak 3-0.

Kendati demikian setelah turun minum, Shin Tae-yong mengubah strategi dan mengganti pemain. Hasilnya, Garuda Nusantara bisa menyamakan kedudukan 3-3.

Usai laga uji coba itu, SAFF mengakhiri kontraknya dengan Damien. Bukan hanya Indonesia yang jadi pemicu pemecatannya. Namun, sebelum bertemu Shin Tae-yong, dua laga uji coba sebelumnya mencatatkan hasil buruk.

Timnas Arab Saudi U-19 kalah dari Bulgaria 2-3 dan keok dari Kroasia, 3-4.

4. Tatsuma Yoshida

Pelatih timnas Singapura, Tatsuma Yoshida. [Instagram/@fasingapore]

Nama Tatsuma Yoshida menjadi harapan besar bagi Timnas Singapura di Piala AFF 2020 lalu. Pasalnya Singapura yang lama tak merasakan atmosfer semifinal bisa melaju hingga sejauh itu.

Sayang Dewi Fortuna masih mendukung Shin Tae-yong di Semifinal Leg kedua turnamen tersebut. Indonesia berhasil comeback dan menang agregat 4-2 dari Singapura sepanjang drama yang terjadi di lapangan.

5. Dinh The Nam

Nama Terakhir adalah Pelatih Timnas Vietnam U-20, Dinh The Nam. Shin Tae-ying berhasil mengalahkan The Golden Star muda pada pertandingan pemungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Pelatih Timnas Vietnam U-19, Dinh The Nam. (Antara/ Michael Siahaan)

Indonesia menang 3-2 sebagai pemuncak Grup F dan lolos ke Piala Asia U-20 serta berhak maju sebagai tim Asia ke Piala Dunia U-20 2023.

Vietnam sebenarnya lolos ke Piala Asia U-20 sebagai runner up terbaik di Grup F. Namun Dinh The Nam terpaksa dipecat mengingat Federasi Sepak Bola Vietnam menargetkan tinggi untuk Timnas Vietnam U-20 lolos ke Piala Dunia U-20 2023.

Vietnam U-20 memang masih memiliki kesempatan untuk lolos ke Piala Dunia U-20. Asalkan mampu lolos ke semifinal Piala Asia U-20 dengan lawan yang tangguh seperti Qatar, Australia serta Iran di babak fase grup.