Muhammad Ilham Baktora
Gestur pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pada laga semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam WIB. [dok. PSSI]

Gol.bolatimes.com - Mengawali pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20, pelatih Shin Tae-yong sempat menyinggung nama pemain bintang dunia Lionel Messi. Hal itu sengaja dilakukan karena memiliki maksud besar kepada para Garuda Nusantara.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-20 memulai latihannya pada 1 Februari 2023 lalu. Garuda Nusantara digenjot fisiknya untuk mempersiapkan Piala Asia U-20 2023 Maret mendatang.

Turnamen ini menjadi penting untuk menunjukkan dunia bahwa Indonesia tak bisa lagi dianggap remeh di kancah Asia. Shin Tae-yong berharap para pemain tidak membuang peluang dan cekatan ketika menerima bola untuk membangun serangan atau bertahan.

Baca Juga:
Media Malaysia Takjub dengan Kepindahan Marselino Ferdinan ke Klub Belgia: Permata Baru untuk Sepak Bola Indonesia

Melansir dari YouTube PSSI TV, Jumat (3/2/2023), Shin Tae-yong menyebut salah satu sosok pemain bintang, Lionel Messi. Bukan tanpa alasan, Shin Tae-yong menilai pemain berjuluk La Pulga itu berpikir cepat sebelum mengambil keputusan.

Sebelum Messi mendapatkan bola, penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu sudah berpikir di mana kawannya berdiri. Selain itu Messi juga bisa membaca situasi dengan cepat.

"Messi yang sekarang tidak banyak berlari, tapi kenapa dia bias jago main sepak bola?. Kalau Messi berdiam diri dia cuma melihat bola saja, tapi dia memperhatikan sekitarnya ada apa," ungkap Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Reaksi Berkelas Jordi Amat usai Bawa JDT Kalahkan Peserta Liga Champions

Pelatih 52 tahun ini meminta Ronaldo Kwateh dkk untuk menonton gaya bermain Kapten Timnas Argentina itu.

"Coba kalian tonton saja pertandingan Messi seperti apa. Lehernya tak pernah diam. Bergerak-gerak terus membaca situasi," terang dia.

Ia juga meminta agar anak asuhnya berpikir simpel baik bertahan atau menyerang. Mengingat dalam pertandingan bola dua itu menjadi hal utama.

Baca Juga:
Tak hanya Pelatih Timnas Vietnam U-20 yang Dipecat, Ini Lima Pelatih yang jadi Korban Shin Tae-yong di Asia

"Lihat, berpikir selanjutnya bergerak, selesai. Bermain sesimpel itu saja," katanya.

Shin Tae-yong juga menyimpulkan kelemahan para pemain Indonesia itu belum berpikir cepat dengan langkah selanjutnya. Hal itu memang seperti budaya di Indonesia, tak hanya sepak bola saat bermain di media sosial juga tak jauh berbeda.

"Bukan karena kalian tidak jago bermain bola, tapi kelemahan dan kekurangan kita tak berpikir saat bermain," terang dia.

"Sehingga bermain kita tidak berkembang. Jadi banyak sekali yang harus dipelajari saat ini," katanya.

Kini, Garuda Nusantara mulai menjalani latihan di hari ketiga. Dari 30 nama yang dipanggil belum semua datang untuk memulai pemusatan latihan di Jakarta.

Piala Asia U-20 2023 akan dihelat di Uzbekistan. Penggawa Garuda Nusantara dan tim lain akan melakoni pertandingan dari 1-18 Maret 2023.