Husna Rahmayunita
Marselino Ferdinan jalani latihan dengan KSMK Deinze. (Twitter/@KMSKDeinze)

Gol.bolatimes.com - Winger Timnas Indonesia Marselino Ferdinan disandingkan dengan dua pemain top yang menyandang julukan Greatest of All Time (GOAT), Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi usai memutuskan untuk berkarier di luar negeri.

Marselino Ferdinan resmi merapat ke klub Belgia, KMSK Deinze di penutup bursa transfer musim dingin, Rabu (1/2/2023). Ia menambah daftar pemain abroad Indonesia.

Fenomena pemain Indonesia ke luar negeri menuai sorotan bomber Bali United, Ilija Spasojevic. Menurutnya, keputusan untuk abroad bukanlah hal mudah.

Berkaca dari pengalamannya yang hijrah ke luar negeri sejak usia belasan, Spaso pun sempat merasakan sedihya harus terpisah dari keluarga.

"Pasti tidak gampang karena jauh dari keluarga. Saya sendiri umur 15 tahun pergi dari rumah dan meninggalkan keluarga untuk meraih pengalaman itu. Tentu tidak mudah," ungkapnya dikutip dari laman resmi Bali United.

Pemain asal Montenegro tersebut mengatakan, hal itu juga dialami oleh dua pemain top dunia Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Di usia muda, kata dia, dua GOAT itu juga memutuskan mengepakkan sayap ke luar negeri.

Cristiano Ronaldo hijrah dari Medeira ke Lisbon memulai petualangan bersama Sproting Lisbon U-15 setelah membela Nacional U-15.

Sementara Lionel Messi yang berasal dari Argentina pada usia 13 tahun berani merantau ke Spanyol dan bergabung dengan Barcelona Muda.

"Kita bisa lihat Cristiano Ronaldo umur 12 tahun dari Madeira ke Lisbon dan itu tentu hal luar biasa di usia muda seperti itu,"

"Begitu juga dengan Lionel Messi yang menghadapi situasi sulit dari Argentina ke Spanyol. Tidak ada pemain yang berada di zona nyaman jadi pemain besar," imbuh pemain naturalisasi itu.

Walaupun harus jauh dari keluarga, Spaso menegaskan proses tersebut harus dijalani pesepak bola yang memutuskan keluar dari zona nyaman.

"Tapi semua pemain harus melewati periode itu untuk mencapai masa depan. Tidak ada yang mudah dalam hidup atau di sepak bola," pungkasnya.