Husna Rahmayunita
Gestur pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pada laga semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam WIB. [dok. PSSI]

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong mengaku sedikit kecewa lantaran tak diberikan penjelasan terkait Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh yang melanjutkan karier di luar negeri.

Dia merasa tak mendapat kabar yang jelas dari pemangku kepentingan yang mengurus proses kedua pemain Timnas U-20 ke luar negeri. Apalagi, kedua pemain termasuk yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC)  untuk persiapan Piala Asia U-20 2023.

Marselino Ferdinan belum lama ini sedang berada di Belgia untuk meneken kontrak dengan klub divisi kedua Liga Belgia KMSK Deinze, sedangkan Ronaldo disebut-sebut sedang berada di Turki untuk mengurus kepindahannya ke salah satu klub negara tersebut.

"Saya agak sedikit tersinggung. Kedua pemain itu (Marselino dan Ronaldo) ke luar negeri tanpa ada laporan apa-apa, apalagi kami sedang mempersiapkan Piala Dunia dan AFC juga. Jadi lumayan agak kacau juga jadwal dan rencana saya," kata Shin Tae-yong saat ditemui setelah memimpin latihan Timnas U-20 di Jakarta, Jumat.

Pemusatan latihan kali ini telah memasuki hari kedua. Meski demikian, belum semua pemain yang dipanggil Shin telah bergabung. Beberapa pemain seperti dari Persija Jakarta dan Persib Bandung diketahui masih aktif membela klub masing-masing dalam sejumlah laga Liga 1.

Terkait hal itu, pelatih Shin Tae-yong mengaku sudah melakukan komunikasi dengan pihak klub, terutama Persib Bandung yang berjanji akan segera melepas pemain mereka yang dipanggil ke pemusatan latihan.

"Karena ini ada turnamen dunia ya di bulan Maret, jadi saya minta tolong lah. Saya memang mengerti pihak atau posisi klub seperti apa, tapi ya tolong pengertiannya dari klub agar bisa melepas pemainnya," tutur mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia U-20 akan mengikuti turnamen Piala Asia U-20 yang berlangsung pada 1 sampai 18 Maret 2023 di Uzbekistan. Pada turnamen tersebut, Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

(Antara)