Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri memberi arahan timnya saat melawan Timnas Thailand dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019). Indonesia menang 2-0 atas Thailand. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww)

Gol.bolatimes.com - Indra Sjafri terpilih menjadi pelatih Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 Ia bukan sosok kaleng-kaleng, sederet trofi bergengsi yang telah dipersembahkannya untuk Tanah Air.

Didapuknya Indra Sjafri untuk menukangi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 tentu cukup mengejutkan, setelah yang digadang-gadang sebelumnya Shin Tae-yong.

Hal ini tentu menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta sepak bola Tanah Air, pasalnya Indra Sjafri bukan sosok pelatih kemarin sore untuk timnas.

Sederet prestasi bergengsi bisa menjdi alasan kuat Direktur Teknik PSSI ini menyerobot posisi Shin Tae-yong menukangi timnas Indonesia di SEA Games tahun ini.

Shin Tae-yong saat ini tengah menukangi skuad timnas Indonesia U-20, fokus persiapan pelatih asal Korea Selatan ini memang harus benar-benar disisihkan untuk skuad ini.

Meningat dua agenda besar yang bakal dijalani timnas U-20 di tahun ini, Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2023 sebagai tuan rumah.

Sementara itu SEA Games 2023 rencananya digelar di Kamboja pada 5-17 Mei 2023, kesempatan memulangkan medali emas ke Tanah Air untuk kesekian kalinya.

Soal meraih gelar juara, Indras Sjafri bisa jadi sosok yang bisa mewujudkan hal itu dengan riyawat mentereng yang ditorehkannya.

Indra Sjafri pernah meraih dua gelar bergengsi di level turnamen, diawali pada 2012 saat membawa timnas Indonesia meraih gelar HKFA International Youth Football Invitation Tournament.

Setahun setelahnya, giliranTtimnas Indonesia U-19 yang dibawa Indra Sjafri yang meraih gelar juara di ajang yang sama.

Prestasi paling mentereng Indra adalah mengantarkan skuad Tmnas Indonesia U-19 meraih gelar juara di Piala AFF U-19 2013. Kemudian membawa Timnas Indonesia U-22 meraih gelar juara di Piala AFF U-22 2019.

Dengan koleksi gelar tersebut, Indra Sjafri diharapkan mampu membawa pulang medali emas SEA Games ke Tanah Air pada tahun ini.

Kontributor: Eko