Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri saat membela PSM Makassar. (Twitter/@IndoTrasnfer)

Gol.bolatimes.com - Pemain lokal masih bisa bersaing di tengah ketatnya perebutan pencetak gol terbanyak Liga 1 2022/2023, satu pemain anyar ramaikan bursa pemain Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Indonesia, Liga 1 2022 memasuki pertengahan musim dengan sejumlah pemain lokal bersaing menjadi pencetak gol terbanyak.

Pemain lokal tak mau kalah dengan para pemain asing yang saat ini merajai daftar pencetak gol terbanyak Liga 1 2022, meskipun kenyataanya jauh.

Pencetak gol terbanyak musim ini lebih banyak didominasi pemain asing, bahkan hingga pekan ke-22 David da Silva masih bertengger nyaman di puncak teratas.

Pemain Brasil ini mengoleksi 16 gol diikuti striker Borneo FC Samarinda, Matheus Pato yang sudah mengoleksi 12 gol sejauh ini.

Sementara itu peringkat ketiga ditempati pemain naturalisasi timnas Indonesia, Ilija Spasojevic dengan 11 gol dan siap menggusur Pato dari posisinya saat ini.

Sementara itu pemain lokal yang masuk lima besar top skor Liga 1 2022 ditempati pemain PSM Makassar yang juga rising star timnas Indonesia, Yakub Sayuri.

Yakub Sayuri menempati peringkat kelima pencetak gol terbanyak sementara dengan koleksi enam golnya, selain itu pemain ini juga mencatat tiga assist dari 13 penampilan.

PSM Makassar tak hanya menyumbang Yakub Sayuri, produk lokal lainnya Ramadhan Sananta mampu membuat gebrakan lewat enam gol dan dua assist dalam 11 laga di Liga 1 2022.

Usianya baru 20 tahun, namun performa yang dimiliki menjadikan Sananta salah satu aset lokal terbaik milik timnas Indonesia.

Baik Yakub maupun Sananta sama-sama mendapat jatah bermain dari Shin Tae-yong di Piala AFF 2022, meski belum mampu membawa gelar juara.

Sementara itu satu pemain lain dengan performa menarik, pemain andalan Persita Tangerang, Wildan Ramdhan yang usianya masih 24 tahun.

Wildan sudah mengoleksi enam gol dan satu assist dalam 19 penampilan di Liga 1 2022, berpostur tubuh 170 cm dan pantas dicoba Shin Tae-yong.

Berikut pemain lokal yang mampu bersaing dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga 1 2022.2023.

1. Yakob Sayuri (PSM Makassar) – 6 gol dan 3 assist
2. Ramadhan Sananta (PSM Makassar) – 6 gol dan 1 assist
3. Wildan Ramdhani (Persita Tangerang) – 6 gol dan 1 assist

Kontributor: Eko