Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan juru taktik Persija Jakarta Thomas Doll. (kolase AFP,PSSI)

Gol.bolatimes.com - Jagat sepak bola Indonesia tengah dihangatkan 'adu mulut' dua pelatih kenamaan dunia dengan level berbeda yakni juru taktik Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan pelatih Persija JakartaThomas Doll.

Saling berbalas kritik antara Thomas Doll dan Shin Tae-yong memunculkan fakta menarik akan kualitas kedua sosok ini dalam melatih tim sepak bola.

Kritikan keras sempat dilontarkan Thomas Doll yang kini menukangi Persija Jakarta terhadap Shin Tae-yong hingga membuat pelatih Timnas Indonesia itu pun bereaksi.

Sambil menyinggung Piala Dunia, Shin Tae-yong merasa tak perlu menjelaskan kualitasnya sebagai seorang pelatih kenamaan dunia. Intrik ini berawal dari pemusatan latihan (TC).

Pelatih Persija merasa TC yang dilakukan Shin Tae-yong terlalu lama, pelatih Korea pun disebut tak paham mengelola pemain muda karena seharusnya ditempa pada kompetisi.

"Kalau saya tidak tahu tentang sepak bola bagaimana bisa jadi pelatih Piala Dunia? Bagaimana bisa menjadi pelatih Timnas Indonesia juga?," ucap Shin Tae-yong.

"Jika pelatih Persija Jakarta berbicara seperti itu dengan mencari keuntungan sendiri, ya sebenarnya tidak baik," imbuhnya.

Persija Jakarta saat ini baru melepas tiga dari sembilan pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 untuk persiapan Piala Asia U-20 2023.

Di antaranya Achmad Maulana Syarif, Barnabas Sobor dan Reza Aditya Nugraha, sementara sisanya belum dilepas klub berjuluk Macan Kemayoran itu.

Antara lain Cahya Supriadi, Muhammad Ferarri, Alfriyanto Nico, Ginanjar Wahyu Ramadhani, Frenky Missa, dan Doni Tri Pamungkas.

Tanpa perlu berlama-lama membahas perseteruan Shin Tae-yong dan Thomas Doll, berikut adu prestasi antara keduanya.

Shin Tae-yong

Pemain

South Korean Cup Winner
AFC Champions League Winner
East AFC Champions League Winner

Pelatih

Korea Selatan U-23 (Perempat Final Olimpiade Rio 2016)
Korea Selatan (Piala Dunia 2018)
Timnas Indonesia (Runner-up Piala AFF 2020, Piala Asia 2023)
Timnas Indonesia U-23 (Medali Perunggu SEA Games 2021)

Thomas Doll

Pemain

Hungarian Champions
Hungarian Cup Winner (3x)

Pelatih
Hamburger SV - UEFA Intertoto Cup (2005)
Ferencvaros - Menzeti Bajnoksag I (2015-2016)
Ferencvaros - Magyar Kupa (2014-2015, 2015-2016, dan 2016-2017)
Ferencvaros - Ligakupa (2014-2015)
Ferencvaros - Szuperkupa (2015)

Kontributor: Eko