Gol
Irwan Febri Rialdi
Ilustrasi Pelatih Persija Thomas Doll dan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. [Suara.com]

Gol.bolatimes.com - Terlepas dari 'perang dingin' yang sedang terjadi antara Shin Tae-yong dan Thomas Doll, terdapat satu fakta menarik yang ternyata keduanya adalah sosok yang sama.

Sama dalam hal ini bukan dalam bentuk fisik, tetapi lebih kepada gaya melatih khususnya terhadap para pemain muda dengan talenta yang butuh dikembangkan.

Perbedaan keduanya soal lama waktu pemusatan latihan menjadi awal kedua nama ini diperbincangkan banyak penggemar sepak bola Tanah Air dalam beberapa hari terakhir.

Saling berbalas komentar dilakukan keduanya, bahkan tak segan untuk menyombongkan diri dengan menyebut prestasi yang sudah diraih.

Terlepas dari drama yang tersaji, baik Shin Tae-yong dan Thomas Doll adalah sosok yang sama dan hal ini diakui para pemain asuhan mereka.

Gelandang timnas Indonesia asal Persija Jakarta, Syahrian Abimanyu menyebut metode pelatihan Thomas Doll serupa dengan Shin Tae-yong.

Keduanya sama-sama berkarakter keras, memandang mental dan fisik dan fokus sangat penting dengan pergerakan pemain tanpa bola.

"Coach Thomas dan Shin sama-sama suka melatih dengan cara yang keras," ucap Abimanyu Abi dilansir dari laman Persija, Sabtu (30/7/2022).

"Kami diminta untuk membangun mental dan fisik yang kuat. Namun mungkin tujuan dari Thomas dan STY itu sama, yaitu mereka ingin kami bermain keras.

"Coach Thomas pun selalu menekankan kami untuk banyak bergerak tanpa bola, jadi memang butuh fisik yang kuat." imbuhnya.

Pengakuan yang sama diungkapkan rekan setim Abimanyu di Persija, Muhammad Ferrari yang juga merupakan andalan Shin Tae-yong di timnas kelompok umur.

Ferrari merasa tak kesulitan saat berlatih baik dengan timnas Indonesia maupun Persija, menurutnya program latihan kedua pelatih ini sama.

"Sejujurnya saya tidak mengalami kesulitan dengan program latihan yang diberikan Coach. Saya rasa sama saja dengan Coach STY, dari program latihannya dan kedisiplinannya." ucap Ferrari.

Kontributor: Eko