Galih Prasetyo
Momen Shin Tae-yong memberi aba-aba ke pemainnya saat bertanding. (Instagram/@shintaeyong7777)

Gol.bolatimes.com - Beredar informasi yang menyebutkan dua legiun asing PSIS Semarang, Carlos Fortes dan Taise Marukawa ingin membela timnas Indonesia hingga nekat minta dinaturalisasi oleh pelatih Shin Tae-yong.

Informasi mengenai hal ini pertama kali diunggah oleh kanal Youtube Dapur Bola. Pada video unggahannya, kanal Youtube tersebut membuat judul,

"Nama Shayne Pattynama sah sebagai warga negara Indonesia! Marukawa dan Fortes ingin dinaturalisasi, PSSI Harus bergerak cepat"

Baca Juga:
Perpanjang Kontrak di Wolves, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia U-20 Tuai Pujian

Video itu diunggah pada 12 Januari 2023 dan timbulkan kehebohan di lama sosial media. Video berdurasi 9 menit 36 detik tersebut sudah ditonton sebanyak 100 ribu orang.

Namun dari penelusuran, video tersebut tidak sesuai dengan judul. Dalam video, narator hanya mengatakan bahwa Carlos Fortes dan Taise Marukawa layak untuk dinaturalisasi.

Dari penjelasannya, narator hanya mengatakan alasan dua legiun asing PSIS Semarang itu layak dinaturalisasi karena gaya permaina yang mencuri perhatian publik sepak bola nasional.

Baca Juga:
Tanpa Naturalisasi, Ini 3 Pemain Keturunan yang Bisa Bela Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

"Fortes telah mencetak 25 gol. Dia layak dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia," ucap narator pada video itu.

Selanjutnya dalam video justru malah membahas 7 pemain asing yang bermain di BRI Liga 1 2022-23 dan cukup layak untuk bisa membela Timnas Indonesia.

Dari 7 pemain yang dibahas, dua diantaranya ialah Fortes dan Marukawa. PSSI saat ini tengah fokus mencari pemain keturunan untuk persiapan Piala Dunia U-20.

Baca Juga:
Kata-kata Eks Bek Naturalisasi Timnas Indonesia usai Resmi Gabung Madura United

Sementara diketahui Fortes sudah berusia 28 tahun sedangkan Marukawan berumur 26 tahun. Selain itu, PSSI menegaskan pemain yang dinaturalisasi ialah mereka yang memiliki darah Indonesia.

Kesimpulan:

Dari hasil penelusuran, video kanal Youtube Dapur Bola dengan judul 'Nama Shayne Pattynama sah sebagai warga negara Indonesia! Marukawa dan Fortes ingin dinaturalisasi, PSSI Harus bergerak cepat' merupakan berita bohong alias Hoaks.

Baca Juga:
Soal Kans Tiga Pemain Naturalisasi Main di Piala Asia U-20 2023, Begini Jawaban Mengejutkan PSSI