Arif Budi Setyanto
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dan Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Shin Tae-yong dan Thomas Doll sedang perang dingin. Gara-garanya adalah pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-20 yang kerap berlangsung lama.

Timnas Indonesia U-20 kembali diagendakan untuk TC sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023. Shin Tae-yong memanggil 30 pemain, ada sembilan nama dari Persija Jakarta.

Menyikapi sembilan pemain Persija yang dipanggil TC untuk persiapan Piala Asia U-20 2023, Thomas Doll lantas mengkritik Shin Tae-yong. Pasalnya juru taktik asal Korea Selatan itu sering menerapkan program latihan jangka panjang yang berimbas ke klub.

Baca Juga:
Pisah dengan Vietnam, Park Hang-seo Masih Berambisi untuk Jadi Pelatih Timnas

menurut Doll pemain-pemain U-20 harusnya dibiarkan di tim agar berkembang dalam kompetisi. Sementara TC cuma latihan-latihan tanpa bertanding di kompetisi.

"Di sini saya tidak bicara sebagai manajer Persija karena harusnya pemain U-20 itu tampil di Liga 1, mereka berlatih bersama Yusuf (Helal), Hanno (Behrens), (Ondrej) Kudela, (Michael) krmencik. Saat bermain mereka berkompetisi melawan Ilija Spasojevic, Ciro Alves, jadi ada sebuah kompetisi. Itu adalah level yang sangat bagus karena mereka akan tampil di hadapan 40 ribu penonton," kata Thomas Doll saat konferensi pers, Kamis (2/2/2023).

"Ini kompetisi bukan latihan saja, karena TC itu kan cuma latihan, latihan, latihan, latihan tapi tak ada rasa kompetisinya. Februari mereka harus TC (Piala Asia) terus saat Piala Dunia U-20 harus TC lagi, jadi pulang balik, tapi mereka tak merasakan sama sekali sebuah kompetisi."

Baca Juga:
Daftar Pemain Persija yang Absen jika Ditinggal Pemainnya TC Timnas Indonesia U-20 dan Cedera

"Saya tidak paham dengan pelatih U-20 karena U-20 kalau di Eropa izin mau ada turnamen bisa tidak pemain U-20 diberi waktu tampil di liga utama di tim senior. Saya mau yang terbaik juga buat sepak bola Indonesia."

"Kemudian (Muhammad) Ferarri contohnya tahun lalu menit main sedikit, tampil tidak begitu bagus tapi setelah ini setelah di kompetisi dia dapat pendamping yang bagus, jadi bisa dilihat sekarang dia bagus itu intinya. Pemain U-20 itu butuh kompetisi. Saya merasa STY enggak paham soal ini," jelasnya.

Di sisi lain, Ketum PSSI Mochamad Iriawan pasang badan buat Shin Tae-yong. Ia mengatakan bahwa TC jangka panjang sejauh ini masih relevan.

Baca Juga:
Korbankan Timnas Indonesia, Vietnam Pakai Cara Licik Tampil di Piala Dunia U-20 2023?

"Pola pemusatan latihan jangka panjang tidak hanya diterapkan oleh PSSI saja, federasi sepak bola di Asia lainnya juga melakukannya. Timnas Jepang misalnya, mereka juga melakukan persiapan latihan di Spanyol. Waktu itu kita nyaris uji coba namun batal karena saat itu skuat Garuda Nusantara masih latihan di Turki," katanya dikutip dari akun Instagram pribadinya.

Sementara itu, kini TC timnas Indonesia U-20 sudah berjalang. Namun, belum semua pemain bergabung ke skuad Garuda Nusantara.

Adapun Piala Asia U-20 2023 bakal digelar pada 1-18 Maret 2023 yang bertempat di Uzbekistan.

Baca Juga:
Jelang Piala Asia U-20 2023, Ini 2 Target Besar Hokky Caraka Bersama Timnas Indonesia U-20