Rauhanda Riyantama
Widodo Cahyono Putro saat melatih Bhayangkara FC. (Dok. Bhayangkara FC)

Gol.bolatimes.com - Kerasnya kompetisi Liga 1 2022/23 kembali memakan korban pemecatan pelatih yaitu Widodo Cahyono Putro. Ia menjadi pelatih lokal pertama yang dipecat di putaran kedua Liga 1 musim ini.

Pengumuman telah berakhirnya kerja sama antara Widodo dengan Bhayangkara FC hadir pada Sabtu (4/2/2023) lewat akun Instagram klub.

"Bhayangkara FC dan coach Widodo resmi mengakhiri kerja sama. Terima kasih atas pikiran dan tenaga yang sudah diberikan untuk The Guardian."

Baca Juga:
Jelang SEA Games 2023 Indra Sjafri Dibuat Pusing?, Media Vietnam Bongkar Hal Ini

“Semoga sukses selalu menyertai,” tulis pernyataan Bhayangkara FC yang mengunggah foto sang pelatih.

Widodo sendiri ditunjuk sebagai pelatih Bhayangkara FC di Liga 1 2022/23 untuk menggantikan posisi Paul Munster yang memutuskan hengkang.

Hadirnya Widodo diharapkan bisa mengangkat prestasi The Guardian, terlebih Widodo sebelumnya membuat Persita tampil impresif di bawah arahannya.

Baca Juga:
Brandon Scheunemann Dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas Indonesia U-20, Bos PSIS Semarang Titip Pesan

Namun harapan tak berjalan sesuai kenyataan. Bhayangkara FC di tangan Widodo tak tampil konsisten sejauh Liga 1 musim ini berjalan.

Bahkan memasuki putaran kedua ini, Bhayangkara FC cuma menduduki peringkat ke-15 di papan klasemen. Mereka mengoleksi 23 poin dan cuma berjarak enam angka dari RANS Nusantara di posisi ke-16.

Kendati begitu, posisi Bhayangkara FC sebetulnya tak terlalu jauh dengan papan tengah. Mereka cuma berjarak tiga angka dari Arema FC yang ada di posisi ke-10.

Baca Juga:
Media Malaysia Sebut Ronaldo Kwateh Tidak Profesional, Kenapa?

Bhayangkara FC juga sebetulnya meraih hasil positif di laga terakhir Liga 1. Melawan Persis Solo di Stadion Maguwoharjo, Kamis (2/2) kemarin, Bhayangkara FC menang 3-1.

Namun demikian, performa inkonsisten dari Bhayangkara FC musim ini di Liga 1 membuat manajemen nampaknya tidak puas dengan kinerja Widodo C Putro hingga akhirnya memutuskan pisah jalan.

Widodo C Putro sendiri menjadi korban pelatih lokal berikutnya yang dipecat dari Liga 1 2022. Sebelumnya ada Nil Maizar yang dipecat Dewa United, Djadjang Nurjaman yang didepak dari Persikabo 1973, serta Rahmad Darmawan yang tak lagi melaih RANS Nusantara FC.

Baca Juga:
Menghitung Jadwal Debut Marselino Ferdinan Bersama KMSK Deinze, Ini Penjelasan Adrian Esparagga

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha