Rauhanda Riyantama
Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Gol.bolatimes.com - Cuitan beberapa netizen viral di jagat media sosial Twitter yang menyebut alasan Jakarta International Stadium (JIS) belum layak menggelar pertandingan sepak bola. Kenapa?

Sejak resmi dibuka, JIS baru beberapa kali digunakan untuk bertanding, yakni kala mengadakan International Youth Championship (IYC) 2021 dan laga persahabatan Persija Jakarta vs Chonburi FC.

Dari dua pertandingan yang berjalan sukses tersebut, banyak penikmat sepak bola mendesak digelarnya pertandingan di stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut.

Baca Juga:
Piala Asia 2023 Bakal Digelar Januari 2024, Timnas Indonesia Sudah Tak Dilatih Shin Tae-yong?

Terutama saat Timnas Indonesia melakoni laga FIFA Matchday, yakni kala menghadap Curacao pada September 2022 lalu.

Namun PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air batal menggelar laga kontra Curacao di JIS dan memindahkan venue ke Stadion Pakansari.

Saat venue dipindahkan, banyak protes hadir dari para penikmat sepak bola Indonesia. Pasalnya, kualitas Stadion Pakansari berada di bawah JIS.

Baca Juga:
Akhir Buruk Kapten Italia Saat Juara Piala Dunia 2006, Fabio Cannavaro Resmi Nganggur

Protes-protes yang lahir tersebut pun kini seakan dibungkam oleh netizen, yang hadir ke JIS saat ingin menonton konser Dewa 19

Usai menonton konser band papan atas Indonesia tersebut, beberapa netizen yang hadir ke JIS mengeluhkan beberapa hal, di mana salah satunya membuktikan bahwa JIS belum layak menggelar pertandingan sepak bola.

Keluhan hadir soal Sound atau suara yang kurang menyeluruh dan hanya di area tertentu saja. Dan yang paling utama adalah akses transportasi.

Baca Juga:
Pelatih Spanyol Bongkar Kelakuan Minus Pemain Indonesia, Kencing di Celana karena Takut Hantu

Akun bernama @adiransyahyasin mengungkapkan bahwa menggelar acara besar di JIS dengan penonton berjumlah puluhan ribu hanyalah sebuah bencana.

Hal ini lantaran akses transportasi umum massal yang belum banyak tersedia. Lalu, akses pintu keluar di satu titik membuat penonton berjubel.

Baca Juga:
Irak Hadapi Masalah Jelang Lawan Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

Fokus para penonton yang menghadiri konser Dewa 19 terletak pada infrastruktur yang belum memadai untuk menggelar acara besar berisikan puluhan ribu penonton.

Banyaknya keluhan ini membuat netizen menyadari keputusan PSSI tak menggelar pertandingan sepak bola dengan fanatisme besar dari para penikmat sepak bola Tanah Air.

Adapun konser Dewa 19 di JIS tersebut dihadiri banyak penonton. Total ada lebih dari 60 ribu penonton yang hadir di stadion untuk melihat band yang digawangi Ahmad Dhani dkk tersebut.

Kontributor: Felix Indrajaya