Husna Rahmayunita | Arief Apriadi
Gelandang Persib Bandung, Marc Klok. (Dok. Persib)

Gol.bolatimes.com - Pemain naturalisasi Marc Klok blak-blakan dirinya tak ingin selamanya b erada di Persib Bandung. Ia mempertimbangkan pindah ke Thailand atau Jepang.

Saat ini, Marc Klok masih aktif menjadi gelandang Persib Bandung. Namun, dia punya mimpi untuk melanjutkan karier ke luar negeri.

Ada dua negara yang ingin dituju oleh Marc Klok yakni Jepang atau Thailand. Dia ingin mencari tantangan baru sebagai pesepak bola.

"Saya sekarang masih bermain di Persib. Saya pikir itu merupakan klub terbesar di Indonesia. Saya masih memiliki mimpi untuk bermain ke luar negeri," ujar Marc Klok ketika menjadi bintang tamu dalam podcast media sepak bola asal Belanda, 433 beberapa waktu lalu.

"Mungkin bermain di Jepang atau Thailand sebagai langkah selanjutnya bagi karier saya. Hal itu untuk memberikan tantangan kepada diri saya dan untuk bermain di level yang lebih baik," tambahnya.

Marc Klok saat ini tengah menikmati karier bersama Persib Bandung yang untuk sementara memuncaki klasemen BRI Liga 1 2022-2023 setelah mencatatkan 14 laga tak terkalahkan di bawah pelatih Luis Milla.

Selain tampil di tim besar seperti Persib, Klok juga merupakan andalan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Dia tercatat sudah tampil 11 kali dengan koleksi 4 gol.

Kendati berambisi untuk bermain di luar negeri, pemain kelahiran Belanda ini sejatinya masih punya kontrak cukup panjang bersama Maung Bandung.

Menyitat data Transfermarkt, Marc Klok yang direkrut Persib dari Persija pada 2021 masih terikat kontrak hingga 31 Desember 2025.

Sebelum berkiprah di Indonesia dengan membela PSM Makassar pada 2017 silam, Marc Klok sejatinya sudah bertualang ke berbagai negara.

Mengawali karier di FC Utrecht U-19, Marc klok kemudian pindah ke klub Skotlandia, Ross County pada 2013 dan setahun setelahnya pergi ke Bulgaria untuk membela Cherno More.

Dia bertahan dua tahun di sana sebelum berseragam klub yang kini bermain di kasta kelima Liga Inggris (National League) Oldham United, sebelum kembali ke Skotlandia setahun setelahnya dengan membela Dundee FC.

Dari sanalah Marc Klok mencicipi sepak bola Indonesia setelah Dundee FC melepasnya ke PSM Makassar pada 15 April 2017 silam.