Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Gol.bolatimes.com - Indra Sjafri resmi ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia di SEA Games 2023. Penunjukkan itu kemudian disorot karena ia adalah sosok Direktur Teknik PSSI.

Sebelumnya dari rapat Komite Eksekutif PSSI pada 30 Januari 2023, Indra Sjafri terpilih menjadi pelatih Timnas Indonesia untuk SEA Games 2023 yang akan digelar di Kamboja.

"Mengingat semakin dekatnya pelaksanaan SEA Games di Kamboja, PSSI perlu mengambil langkah untuk menunjuk pelatih yang akan bertanggung jawab pada event tersebut. Hal ini tentu sejalan dengan program Kemenpora dan KOI tentang persiapan cabang olahraga (cabor) untuk prestasi yang segera dilaksanakan,” ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam laman resmi PSSI.

Baca Juga:
Kesalnya Shin Tae-yong Lihat Pemain Timnas Indonesia U-20 yang Salah Passing Bola saat Berlatih, Ini Sebabnya?

PSSI menunjuk Indra Sjafri karena pelatih Shin Tae-yong akan fokus kepada Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20.

Ditunjuknya Indra Sjafri menjadi sorotan karena ia adalah Dirtek PSSI. Nah, rangkap jabatan yang akan dilakukannya itu dianggap bisa menyulitkan pekerjaannya.

"Jadi saya belum bisa banyak bicara tentang tugas saya untuk membantu Coach Shin di timnas U-23 SEA Games karena nanti sebaiknya saya bicara ini setelah ada penetapan untuk hasil kongres dari PSSI nanti setelah tanggal 16," ucapnya dikutip dari YouTube Tommy Desky dikutip pada Senin (6/2/2023).

Baca Juga:
Kesalnya Shin Tae-yong Lihat Pemain Timnas Indonesia U-20 yang Salah Passing Bola saat Berlatih, Ini Sebabnya?

Lebih lanjut, Indra Sjafri tidak masalah jika harus menjadi pelatih SEA Games sekaligus merangkap Dirtek PSSI. Sebab, di dunia sepak bola ada juga seorang dirtek yang ikut melatih tim.

"Mengenai direktur teknik jadi pelatih, banyak contoh di Australia direktur tekniknya juga melatih tim nasional. Itu saja yang bisa saya jelaskan dulu tentang tugas yang mungkin akan saya emban nanti," ujarnya.

Adapun SEA Games 2023 nanti memang mepet dengan Piala Dunia U-20 2023. Maka dari itu, PSSI meringankan beban Shin Tae-yong yang fokus untuk mempersiapkan timnas Indonesia U-20.

Baca Juga:
Shin Tae-yong masih Kecewa dengan Hengkangnya Marselino Ferdinan ke Klub Belgia, Alasan Ini yang jadi Pemicunya