Muhammad Ilham Baktora
Selebrasi Marselino Ferdinan saat mencetak gol ke gawang Filipina di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/1/2023). (Twitter/@BroadcastBola)

Gol.bolatimes.com - Piala Asia U-20 2023 tinggal menghitung hari sebelum bergulir pada Maret mendatang. Hingga hari keempat belum semua pemain yang dipanggil hadir dalam pemusatan latihan di Jakarta.

Nama bintang muda Marselino Ferdinan, juga tak kunjung terlihat. Pemain 18 tahun ini masih berada di Belgia membela KMSK Deinze, klub barunya.

Marselino Ferdinan terancam tak akan bergabung dengan Timnas Indonesia U-20. Hal itu menyusul belum adanya kepastian mantan pemain sayap Persebaya Surabaya itu kembali ke tanah air.

Baca Juga:
Shin Tae-yong masih Kecewa dengan Hengkangnya Marselino Ferdinan ke Klub Belgia, Alasan Ini yang jadi Pemicunya

Diprediksi tak akan membela skuad Garuda Nusantara, Marselino Ferdinan bisa saja diganti dengan pemain-pemain lain yang menjadi opsi untuk Shin Tae-yong.

Berikut empat pemain muda pengganti Marselino Ferdinan yang bisa mennjadi opsi Shin Tae-yong di Piala Asia U-20 2023:

1. Zanadin Fariz

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Pindah ke KMSK Deinze, Kekecewaan Shin Tae-yong jadi Sorotan Media Malaysia

Nama Zanadin Fariz sempat disebut-sebut untuk melengkapi Timnas U-20 menemani Arkhan Kaka yang dipanggil oleh Shin Tae-yong.

Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Zanadin Fariz (kanan) terjatuh dilanggar pesepak bola Tim Nasional Filipina U-19 Antoine Ortega (kiri) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww]

Pengalamannya bermain bersama Timnas Indonesia kelompok umur tak perlu diragukan. Hanya saja Shin Tae-yong tak memanggil namanya di 30 daftar pemain yang dipanggil untuk TC.

Fariz tak perlu diragukan saat membawa bola menusuk jantung pertahanan lawan. Gelandang Persis Solo ini sedikitnya sudah mencetak tiga gol sejauh ia bertanding sebagai pemain profesional.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-20 Gagal Menang Lawan Baerum SK, Zanadin Fariz Kritik Wasit

2. Ferdiansyah Cecep

Pemain asal Persib Bandung, Ferdiansyah Cecep bisa jadi opsi Shin Tae-yong jika Marselino Ferdinan tak kunjung menunjukkan batang hidungnya di TC Timnas Indonesia U-20.

Ferdiansyah pernah dipanggil Shin Tae-yong pada gelaran Piala AFF U-19 2022 lalu. Bahkan dirinya kerap dimainkan dan tercatat diturunkan empat kali bersama Timnas Indonesia U-19.

Meski belum menyumbang gol saat dilatih oleah Shin Tae-yong, pemain ini memiliki potensi besar untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan.

3. Arkhan Fikri

Pemain Timnas Indonesia U-19, Arkhan Fikri berebut bola dengan pemain Thailand U-19 Sittha Boonlha dalam laga penyisihan grup Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc)

Nama ketiga ini bisa jadi pertimbangan Shin Tae-yong ketika Marselino Ferdinan tak bisa ikut membela Timnas Indonesia U-20. Bukan tanpa alasan, Arkhan Fikri memiliki pengalaman saat bermain dengan gaya Shin Tae-yong.

Arkhan Fikri bermain di Piala AFF U-19 2022 lalu dan selalu menjadi pilihan pelatih asal Korea Selatan tu.

4. Dzaky Arsaf

Dzaky Asraf menjadi pemain yang perlu dipertimbangkan Shin Tae-yong. Namanya tidak ikut serta dalam 30 daftar pemanggilan pemain.

Namun performanya di PSM Makassar tak perlu diragukan. Ia tampil 17 kali pertandingan di BRI Liga 1 2022/2023. Ia 11 kali bermain sebagai starter bersama Juku Eja.

Lebih lanjut, Dzaky juga sempat dipanggil dalam pemusatan pelatihan menjelang Piala AFF U-19 2022. Namun ia tak menembus skuad utama.

Tak ada salahnya kesempatan kedua diberikan mengingat performanya yang sudah naik level dibanding tahun lalu.