Muhammad Ilham Baktora
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai lolos ke Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 memiliki agenda besar untuk bersaing di level yang lebih tinggi di Piala Asia U-20 2023. Turnamen akan dihelat pada Maret mendatang.

Bagi sebagian tim, bisa lolos ke semifinal Piala Asia U-20 2023 nanti, menjadi tiket lolos menuju Piala Dunia U-20 yang akan bergulir Mei 2023 nanti.

Bagaimana dengan Indonesia ketika skuad Garuda Nusantara gagal mencapai semifinal Piala Asia U-20 2023?. Pembahasannya akan dijelaskan di bawah ini.

Baca Juga:
Ini Daftar Lengkap Calon Ketua Umum, Waketum, dan Exco di KLB PSSI

Indonesia dipastikan melaju ke Piala Asia U-20 setelah lolos dalam kualifikasi Piala Asia U-20 di tahun 2022 lalu.

Indonesia berada di Grup A bersama dengan Uzbekistan yang menjadi tuan rumah, Irak dan juga Suriah. Ketiga tim tersebut tak bisa diremehkan meski dari kelompok umur.

Persiapan mereka juga lebih matang dari Timnas Indonesia U-20 yang baru memulai pemusatan latihan awal Februari 2023 kemarin.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Semprot 2 Pemain Timnas Indonesia U-20 karena Malas Lari

Sementara tiga tim lawan Indonesia sudah berlatih cukup lama, bahkan telah menjalani uji coba.

Menjadi kekhawatiran bagi orang awam apakah Indonesia yang gagal di Piala Asia U-20 juga menjadi kegagalannya skuad Garuda Nusantara mengikuti Piala Dunia U-20?.

Jawabannya tentu tidak. Indonesia didapuk jadi tuan rumah dan memiliki tiket emas untuk tetap bertarung di Piala Dunia U-20 tahun ini.

Baca Juga:
3 Pelatih Asing yang Bersaing di Papan Atas BRI Liga 1 2022/2023, Siapa Juaranya?

Tiket itu juga dia dapatkan setelah mengalahkan Vietnam U-20 di babak pamungkas kualifikasi Piala Asia U-20. Menjadi juara grup, Indonesia dipastikan lolos untuk bersaing di level dunia.

Tapi mengapa harus mengikuti turnames Piala Asia U-20 2023?. Hal itu bukan tanpa sebab, turnamen ini juga penting untuk skuad Garuda Nusantara menyiapkan kemampuannya bertemu dengan tim-tim besar di level dunia.

Sehingga ketika Mei di mana Piala Dunia U-20 2023 bergulir, Indonesia sebagai tuan rumah lebih siap menghadapi tim-tim besar di Indonesia.