Husna Rahmayunita
Bruce Grobbelaar saat membela Liverpool di 2003. (AFP/PORNCHAI KITTIWONGSAKUL)

Gol.bolatimes.com - Liga Inggris masih menjadi target berkarier para pesepak bola seluruh dunia, Zimbabwe selalu mengirim beberapa wakil dari para pemain yang mencatatkan prestasi berada di ranah ini.

Zimbabwe bukan negara terkenal akan prestasinya di sepak bola, meski begitu salah satu bagian selatan Afrika ini tak absen dalam menghasilkan pesepak bola ternama di Premier League.

Beberapa pemain asal Zimbabwe sukses meramaikan panggung Premier League, bahkan salah satunya sukses mendapat status sebagai legenda klub besar Liga Inggris.

Lantas siapa saja para pemain asal Zimbabwe yang berhasil berkarier di Liga Inggris? berikut ini di antaranya.

1. Bruce Grobbelaar

Berposisi sebagai kiper, selama 13 tahun menjadi andalan klub Kota Pelabuhan, Liverpool medio 1981-1994 dengan total penampilan 628 kali.

Selama berkarier untuk Liverpool, Bruce berhasil memberi 19 gelar termasuk trofi divisi utama LigaInggris sebelum era Premier League masuk.

Di kancah Premier League, Bruce sempat merasakan ketatnya persaingan dengan 34 penampilan meski moncer di level klub, ia hanya mencatat 32 caps bagi timnas Zimbabwe.

2. Peter Ndlovu

Peter Ndlovu (kiri) saat membela Timnas Zimbabwe. (AFP/STR)

Nyaris membawa Zimbabwe lolos Piala Dunia 1994, namun takdir belum memihak kepada Peter Ndlovu sebagai pengoleksi caps terbanyak timnas dengan 100 penampilan dan 38 gol.

Coventry City menjadi klub Liga Inggris yang pernah mengandalkan jasanya, tampil sebanyak 154 laga dengan 34 gol dan menjadi pemain Zimbabwe tertajam yang pernah ada di Premier League.

3. Benjani Mwaruwari

Berposisi sebagai striker, sebelum menjadi andalan Manchester City selama 2,5 musim, Benjami Mwaruri sempat bermain untuk Portsmouth selama dua musim.

Benjani termasuk salah satu andalan Portsmouth merengkuh Piala FA 2007-2008, meski saat itu sudah hijrah ke Man City.

4. Brendan Galloway

Brendan Galloway (kiri) ketika membela Everton kontra Manchester United. (AFP)

Meski berasal dari Zimbabwe, Brendan Galloway pernah memperkuat timnas Inggris kelompok umur namun tak bertahan lama setelah sejak 2021 memilih memperkuat tanah asalnya.

Galloway bermain untuk Everton medio 2014-2019, mencatat 21 laga dengan 17 di antaranya di Liga Primer termasuk saat dipinjamkan ke West Bromwich Albion.

5. Marvelous Nakamba

Marvelous Nakamba berposisi sebagai gelandang bertahan, bermain untuk Aston Villa sejak 2019 dan sempat menjadi andalan tim di musim pertamanya.

Meski begitu pada musim keduanya, Nakamba mulai kehilangan tempat di skuad utama hingga dipinjamkan ke Lutton Town yang bermain di divisi Championship.

6. Jordan Zemura

Jordan Zemura masih berusia 23 tahun dan menjadi satu-satunya pemain yang masih bertahan di Premier League sejak Nakamba dipinjamkan ke kasta kedua.

Meski lahir di Inggris, Zemura memilih membela timnas Zimbabwe sebagai negara asal kedua orang tuanya dan merupakan jebolan akademi Bournemouth.

Kontributor: Eko