Husna Rahmayunita
Penyerang muda Borussia Dortmund, Karim Adeyemi saat menghadapi Bayern Leverkusen. (Sascha Schuermann/ AFP)

Gol.bolatimes.com - Penyerang muda Borussia Dortmund, Karim Adeyemi, baru saja memecahkan rekor baru di Bundesliga Jerman dalam urusan kecepatan.

Saat Dortmund menghadapi Freiburg di pekan ke-19 Bundesliga, Sabtu (4/2/2023) lalu, pemain berusia itu mencatatkan kecepatan mencapai 22,77 mph atau 36,65 km/jam.

Kecepatan yang ditorehkan Adeyemi mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh mantan pemain Mainz, Jeremiah St. Juse dengan catatan 36,63 km/jam.

Lantas, siapa sebetulnya Karim Adeyemi ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Karim Adeyemi

Sosok dengan nama lengkap Karim-David Adeyemi ini adalah pesepakbola kelahiran, Munchen, Jerman, pada 18 Januari 2002.

Sebagai pemain yang lahir di kota Munchen, Karim Adeyemi pernah menimba ilmu di akademi Bayern Munchen pada 2010-2012. Ia lalu pindah ke SpVgg Unterhaching dari 2012-18.

Karier sepak bolanya semakin melejit saat bergabung dengan tim muda RB Salzburg di Austria. Ia sudah dipromosikan ke tim utama sejak tahun 2019.

Meski begitu, Karim Adeyemi juga sempat merasakan peminjaman ke klub kasta kedua Austria, FC Liefering. Adeyemi lantas semakin menonjol di musim 2021/22.

Dari 44 penampilan bersama Salzburg di semua kompetisi, pemain berusia 21 tahun tersebut mampu mencatatkan 23 gol dan 9 assist.

Catatan itu pula yang membuat Dortmund mau merekrutnya di musim panas 2022. Ia diproyeksikan menjadi pengganti Erling Haaland yang pindah ke Manchester City.

Bersama Dortmund sepanjang musim 2022/23, Karim Adeyemi memang belum terlalu menonjol dengan catatan 4 gol dan 1 assist dari 22 penampilan. Namun, ia dinilai bakal lebih tajam lagi di masa mendatang.

Meski masih berusia muda, Karim Adeyemi sudah banyak mengoleksi gelar di kabinet trofinya. Ada tiga gelar Liga Austria dan tiga trofi Piala Asutria yang berhasil diraihnya.

Belum lagi, Karim Adeyemi merupakan bagian dari German U-21 yang menjuarai Euro U-21 2021. Untuk timnas Jerman sendiri, Adeyemi sejauh ini sudah mencatatkan 4 caps dengan satu gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha