Irwan Febri Rialdi
Shin Tae-yong semport dua pemain timnas Indonesia U-20. (YouTube/PSSI TV)

Gol.bolatimes.com - Dua pemain Timnas Indonesia U-20 mendapatkan sentilan dari Shin Tae-yong karena dinilai malas berlari pada sesi pemusatan latihan yang berlangsung di Jakarta.

Dua nama yang dimaksud ialah Hokky Caraka dan Frezy Al-Hudaifi. Shin Tae-yong menyebut, dua pemain ini terlihat malas berlari saat menjalani sesi latihan fisik.

Sentilan yang dilayangkan Shin Tae-yong itu memang berdasar. Pasalnya, juru racik asal Korea Selatan itu berbasis pada data yang diperoleh tim pelatih Timnas Indonesia U-20.

Hokky Caraka dan Frezy Al-Hudaifi pun diminta untuk terus memacu semangatnya. Sebab, jika tak bersedia melampaui batas kemampuannya, mereka tidak akan mengalami perkembangan.

“Melihat data pagi hari ini, Hokky dan Frezy, dua pemain ini bisa lari tapi tidak berlari,” kata Shin Tae-yong di tengah sesi latihan seperti dikutip dari kanal YouTube PSSI TV. 

“Kalau berlari capek, harus dimaksimalkan dan ditingkatkan lagi. Jika tidak ada usaha, maka kalian bakal berada di situ-situ saja,” imbuh Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong juga sempat mencatut dua nama pemain Timnas Indonesia yang bisa menjadi contoh para juniornya. Mereka adalah Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.

Menurut Shin Tae-yong, Asnawi dan Arhan punya daya juang yang maksimal saat menjalani pemusatan latihan yang berlangsung di Bali beberapa waktu lalu.

Keduanya tak berleha-leha ketika mengikuti sesi latihan meskipun berstatus sebagai pemain abroad alias berkarier di luar negeri.

“Ada beberapa pemain yang memaksimalkan dirinya. Harusnya bisa lebih dari itu, kelihatan juga di data dan jawabannya semua ada pada data,” ujarnya.

“Harus lebih banyak berusaha. Umur kalian jangan mau enak-enak terus, tingkatkan kemampuan,” eks-pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menambahkan.

Sebagai informasi, Shin Tae-yong memanggil 30 pemain untuk TC persiapan Piala Asia U-20 2023 pada 1-18 Maret mendatang. Pemusatan latihan sudah dimulai sejak awal bulan ini.

Pemain-pemain yang belum hadir meliputi lima dari Persija Jakarta yakni Alfriyanto Nico Saputro, Cahya Supriadi, Doni Tri Pamungkas, Ginanjar Wahyu Ramadhani dan Muhammad Ferarri.

Lalu, ada tiga pemain Persib Bandung yakni Ferdiansyah, Kakang Rudianto, serta Robi Darwis. Tak ketinggalan, dua lagi yaitu Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan yang sedang berada di luar negeri. Shin Tae-yong pun memberikan deadline kepada semuanya supaya bergabung pekan ini.

Kontributor: M Faiz Alfarizie