Rauhanda Riyantama
Ronaldo Kwateh dalam laga melawan Thailand di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Berikut lima pemain asing yang memiliki anak berpaspor Indonesia dan sebagian mulai dipercaya menjadi andalan bagi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Sebagai bangsa yang besar, Indonesia memiliki banyak pemain dengan garis keturunan Tanah Air. Umumnya, garis keturunan ini didapatkan dari perkawinan antar ras.

Perkawinan antar ras ini kemudian melahirkan anak-anak yang punya garis keturunan Indonesia, dan bahkan memiliki paspor Indonesia.

Baca Juga:
Link Live Streaming Dewa United vs Borneo FC, Egy Maulana akan Cetak Gol Lagi?

Bagi anak-anak yang punya garis keturunan dan paspor Indonesia, biasanya sang ayah menikah dengan wanita lokal dan menetap di Tanah Air.

Dan para anak-anak keturunan ini lahir serta tumbuh di Tanah Air, sehingga memiliki paspor Indonesia, yang membuat mereka tak perlu melakukan proses naturalisasi.

Di Indonesia sendiri, banyak pemain keturunan yang memiliki paspor Indonesia secara murni, karena lahir dan tumbuh di Tanah Air.

Baca Juga:
Intip Harta Kekayaan La Nyalla Mattalitti, Bakal Calon Ketum PSSI yang Janjikan Rp1 Miliar ke Asprov jika Terpilih

Hebatnya, para pemain keturunan dengan paspor Indonesia ini perlahan mulai dilirik dan mendapat panggilan ke Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong.

Lantas, siapa saja para pemain keturunan dengan paspor Indonesia karena lahir dan tumbuh besar di Tanah Air? Berikut daftarnya.

1. Ronaldo Kwateh (Roberto Kwateh)

Baca Juga:
Dampak Marselino Ferdinan Gabung KMSK Deinze, Akun Resmi Instagram Tembus 100 Ribu Followers

Penyerang sayap Timnas Indonesia, Ronaldo Kwateh (kiri) dihadang pemain Timnas Timor Leste pada pertandingan FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB. [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]

Ronaldo Kwateh bisa dikatakan merupakan pemain keturunan dengan paspor Indonesia pertama yang dilirik Shin Tae-yong.

Ia memiliki paspor Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Liberia, yakni Roberto Kwateh. Sebagai catatan, Roberto sendiri berkarier di Tanah Air dan menikah dengan wanita lokal, sehingga Ronaldo bisa lahir dan tumbuh besar di Nusantara.

2. Brandon Scheunemann (Timo Scheunemann)

Baca Juga:
Anak Shin Tae-yong Tantang Asnawi Mangkualam yang Pindah Klub Tanpa Pamitan dengannya

Laga debut Brandon Scheunemann bersama PSIS Semarang di BRI Liga 1 2022/2023. (Dok. PSIS)

Brandon Scheunemann merupakan salah satu pemain keturunan yang lahir dan tumbuh di Indonesia. Ia belakangan mencuri perhatian karena debut di Liga 1 dan dipanggil ke TC Timnas Indonesia U-20.

Brandon sendiri merupakan putra dari Timo Scheunemann. Sebagai informasi, Timo dulunya merupakan pemain asing yang berkiprah di Indonesia. Uniknya, sang ayah ternyata kelahiran Kediri, Jawa Timur.

3. Stefan Antonic (Dejan Antonic)

Stefan Antonic saat masih memperkuat Kitchee FC U-18. (Instagram/dejan.antonic)

Stefan Antonic merupakan putra dari Dejan Antonic, mantan pemain asing di Indonesia dan juga mantan pelatih kenamaan di Tanah Air.

Saat masih berkiprah di Indonesia, Dejan Antonic menikah dengan wanita lokal sehingga lahirlah Stefan di Hong Kong dan tumbuh besar di Tanah Air, sehingga ia tercatat sebagai warga lokal.

4. Alta Ballah (Anthony Jomah Ballah)

Bek kiri Persebaya Surabaya, Alta Ballah. (Instagram/@altaqsal)

Pemain berdarah Liberia yang punya paspor Indonesia tak hanya Ronaldo Kwateh saja, melainkan Alta Ballah yang merupakan putra dari Anthony Jomah Ballah.

Jomah Ballah adalah pemain asal Liberia yang sempat berkarier di Tanah Air. Ia banyak menghabiskan kariernya di Indonesia sehingga sang putra, Alta Ballah, lahir.

5. Hugo Samir (Jacksen F Tiago)

Pemain Persis Youth, Hugo Samir yang juga penghafal Al Quran dan berkesempatan melakukan pemusatan latihan untuk Timnas U-20. (Instagram/@hugosamir28)

Sama seperti Brandon, Hugo Samir belum lama ini mencuri perhatian karena dipanggil untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-20.

Hugo Samir sendiri merupakan putra dari Jacksen F Tiago, mantan pemain dan pelatih kenamaan yang banyak menghabiskan kariernya di Indonesia.

Kontributor: Felix Indrajaya