Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh usai membobol gawang Alanyaspor U-18 (dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Skuat timnas Indonesia U-20 diguncang, Ronaldo Kwateh dikabarkan bakal absen di gelaran Piala Asia U-20 2023 gegara minggat ke Turki tanpa laporan ke Shin Tae-yong.

Ronaldo Kwateh disebut-sebut sudah bergabung dengan salah satu tim lokal Turki, Bodrumspor setelah mangkir dari pemusatan latihan timnas Indonesia U-23 sejak 1 Februari 2023 lalu.

Alhasil mangkirnya Ronaldo Kwateh berdampak pada pemusatan latihan timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong harus menemukan sosok anyar pengganti sang pemain.

Baca Juga:
Gol Pemain Muda Italia Gagal Bawa Garuda Select Kalahkan Mansfield Town

Shin Tae-yong sebenarnya sudah mengeluhkan masalah pemain yang absen saat TC, apalagi sosok Ronaldo Kwateh yang menurutnya berdampak besar terhadap skema permainan yang dipersiapkan.

Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan tak segan menyebut rencananya kacau gegara beberapa pemain yang telah mangkir dari pemusatan latihan.

"Kami sedang mempersiapkan Piala dunia dan Piala Asia. Absennya pemain membuat kacau rencana yang sudah disiapkan," ucap Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Beda Nasib! Thailand Hadapi Tim Peringkat 68 Dunia di FIFA Matchday, Timnas Indonesia Belum Dapat Lawan

Beberapa opsi sebenarnya dimiliki pelatih Shin, sederet pemain yang dinilai mampu menggantikan posisi wonderkid Madura United di tubuh timnas Indonesia U-20.

Setidaknya ada 5 pemain yang berposisi sama seperti Ronaldo Kwateh, meski belum teruji di laga resmi level Asia, namun performa mereka patut dicoba.

1. Raia Irvanza

Baca Juga:
Terancam Tak Diperkuat Ilija Spasojevic saat Hadapi Persib Bandung, Pelatih Bali United Tak Mau Ambil Pusing

Pemain yang baru saja bergabung Persik Kediri pada akhir Januari 2023, mampu ditunjuk sebagai pengisi lini serang meski berposisi sebagai gelandang.

Sosoknya mencuri perhatian setelah mampu menembus skuad Persik di Liga 1 2022, jebolan PSIS Youth pada 2022.

2. Arkhan Kaka

Baca Juga:
Pertemuan Persija dengan Asisten Pelatih Shin Tae-yong Terkait Pemanggilan Pemain Timnas Indonesia, Begini Hasilnya

Performanya sudah teruji saat membawa timnas Indonesia U-16 merengkuh gelar juara Piala AFF 2022, memiliki total 9 caps untuk level U-16 dan U-17.

Pemain Persis Solo Youth ini pantas mendapatkan posisi Ronaldo Kwateh dengan sumbangsih besarnya untuk timnas di laga-laga sebelumnya.

3. Hugo Samir

Pemusatan latihan timnas Indonesia U-20 menjadi kali pertama bagi putra Jacksen F Tiago ini, namun performamnya sudah teruji di level klub bersama Persis Solo Youth.

Hugo Samir memiliki kualitas di atas rata-rata pemain Indonesia, sosoknya pantas mengisi lini serang yang ditinggalkan Ronaldo Kwateh.

4. Hokky Caraka

Sudah lama Indonesia tak memproduksi striker murni sejak Bambang Pamungkas pensiun meninggalkan timnas Indonesia, sosok itu muncul pada diri Hokky Caraka.

Memiliki postur tubuh tinggi besar, kuat dalam duel-duel udara dan memiliki kekuatan tendangan mematikan, menjadi modal berharga bagi Hokky moncer di timnas.

5. Rabbani Tasnim

Pengisi lini serang ideal, bisa ditempatkan di winger dan tengah sesuai kebutuhan timnas Indonesia U-20 dan Shin Tae-yong.

Peran Ronaldo Kwateh bisa digantikan Rabbani Tasnim, pemilik 10 caps bersama timnas Indonesia dengan delapan gol yang berhasil ditorehkan.

Kontributor: Eko