Gagah Radhitya Widiaseno
Kapten Timnas Thailand, Teerathon Bunmathan berebut bola dengan pemain Vietnam pada leg pertama final Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Jumat (13/1/2023). (Twitter/@Changsuek_TH)

Gol.bolatimes.com - Peluang Thailand menyalip Vietnam di Ranking FIFA semakin kecil. Terkuak ini dia alasannya.

Thailand memang masih berada di bawah Vietnam di Ranking FIFA. Saat ini Thailand berada di peringkat 111 FIFA dengan 1173 poin. Sedangkan Vietnam berada di peringkat ke-96 FIFA dengan 1228 poin.

Peluang Thailand untuk menyalip Vietnam dalam waktu dekat kecil. Pasalnya, Thailand dipastikan gagal tampil di WAFF Championship atau bisa disebut Piala AFF Asia Barat.

Baca Juga:
Bingung dan Gelisah, Shin Tae-yong Mohon Persija dan Persib Lepas Pemain ke TC Timnas U-20

Hal ini lantaran tuan rumah, Uni Emirat Arab, memutuskan untuk mengundurkan diri dari turnamen tersebut.

Gagalnya tampil di WAFF Championship 2023 ini membuat peluang Thailand menambah poin di FIFA ranking semakin kecil. Jika turnamen ini resmi digelar, Thailand sebenarnya berpotensi setidaknya memainkan tiga pertandingan.

Striker Vietnam Nguyen Tien, pemain Thailand Adisak Kraisorn dan Kritsada Kaman di final Piala AFF 2022. (AFP)

Jika lolos ke fase berikutnya, mereka akan memainkan lebih banyak pertandingan. Minimal mereka akan memainkan enam pertandingan.

Baca Juga:
Belum Semua Pemain Timnas Indonesia U-20 Hadir, Baru 21 Pemain yang Ikuti Latihan di Hari Kedelapan

Namun hal tersebut kandas usai WAFF Championship 2023 dibatalkan.

Thailand pun langsung mencari pertandingan pengganti turnamen tersebut. Kabarnya, mereka akan melakukan laga uji coba melawan Irak.

"Setelah diumumkan bahwa WAFF 2023 dibatalkan atau ditunda, FAT menghubungi Irak untuk memainkan pertandingan persahabatan pada FIFA Matchday di bulan Maret," tulis laporan Twitter @theaseanball pada Rabu (8/2/2023).

Baca Juga:
Gacor di BRI Liga 1, Berikut 5 Pemain Top yang Pernah Jadi Rekan Setim Ciro Alves saat Bermain di Fluminense

Adapun pertandingan persahabatan antara Thailand menghadapi Irak dijadwalkan bakal digelar di Baghdad. Artinya tim Changsuek akan menjalani laga tandang.