Irwan Febri Rialdi
Samuel Agung Marcello Silalahi (pojok kanan) di klub FK Mandalskamerat. (Instagram/@fkmandalskameratene)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, punya satu lagi opsi penyerang tambahan yang bisa dipanggil untuk Piala Asia U-20 2023. Sosok tersebut ialah Samuel Agung Marcello Silalahi.

Sebagai informasi, Samuel Agung Marcello Silalahi merupakan pesepak bola berdarah Batak yang kini tengah merumput di Liga Norwegia bersama KF Mandalskameratene.

Sebelumnya, pemain yang lebih akrab dikenal dengan nama Samuel Silalahi ini sempat diumumkan sebagai pemain FK Mandalskameratene pada medio Juni 2021.

Sampai saat ini, Samuel Agung Marcello Silalahi memang belum sekalipun dilirik oleh Shin Tae-yong, setidaknya untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-20.

Namun, sebetulnya memang ada alasan lainnya yang bisa juga membuat Samuel Silalahi tak bisa memperkuat skuad Garuda Nusantara dalam waktu dekat, terutama berkaitan dengan status kewarganegaraan.

Profil Samuel Agung Marcello Silalahi

Dikutip dari data Transfermarkt, Samuel Silalahi merupakan pemain yang lahir pada 2 Juni 2005. Dengan kata lain, striker muda ini usianya masih 17 tahun.

Kendati namanya sangat kental dengan nuansa Indonesia dan berkaitan dengan marga suku Batak, tetapi Samuel Silalahi saat ini memang berstatus sebagai warga negara Norwegia.

Pada tahun lalu, Samuel Silalahi sempat bermain di tim utama FK Mandalskameratene, tepatnya ketika melawan Arendal Fotball di ajang Piala Liga Norwegia. 

Sayang, ketika mendapat kesempatan bermain selama 56 menit, striker berusia 17 tahun itu gagal selamatkan FK Mandalskameratene dari kekalahan dengan skor akhir 1-2.

Samuel memang tercatat pernah membela klub jawara Liga Norwegia, Strømsgodset Toppfotball sebelum bergabung dengan FK Mandalskamerat.

Sebagai informasi, klub ini berstatus sebagai peraih dua kali gelar juara Liga Norwegia. Masing-masing didapatkan pada musim 1970 dan 2013.

Data dari fotball.no menyebutkan bahwa karier Samuel sempat bermain tim U-19 Strømsgodset dan melakoni 5 pertandingan dan jaringkan 2 gol.

Setelah itu Samuel Silalahi sempat juga membela tim kedua Strømsgodset dan bermain sebanyak 6 kali dan torehkan 1 gol. 

Catatan gol terbanyak yang dijaringkan Samuel selama satu musim diciptakannya pada 2019 saat membela FK Mandalskameratene U-14 dengan torehan 3 gol.

Sampai saat ini, memang tak banyak data yang bisa dihimpun untuk menjelaskan performa Samuel Silalahi selama berkarier di Liga Norwegia.

Pasalnya, sedikit sekali informasi mengenai dirinya. Hal ini juga karena Liga Norwegia tak mendapatkan sorotan sebesar liga-liga top lainnya di kawasan Eropa.

Kontributor: M Faiz Alfarizie