Rauhanda Riyantama
Arema FC di BRI Liga 1 2022/2023. (Dok. LIB)

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan klub yang paling sering ganti pelatih pada gelaran BRI Liga 1 2022/2023, di mana pergantian pelatih ini bisa dilakukan hingga tiga kali lebih!

Kompetisi sepak bola kasta teratas Indonesia yakni Liga 1 di musim 2022/2023 ini baru berjalan separuh lebih, atau tepatnya baru mencapai pekan ke-23 dari 34 pekan yang ada.

Meski baru berjalan separuh lebih, Liga 1 sudah memakan banyak korban, yakni para pelatih dari 18 tim yang berlaga di kompetisi ini.

Baca Juga:
Kiper Timnas Indonesia Alami Cedera Parah dan Harus Operasi, Diprediksi Absen hingga 8 Bulan

Hingga pekan ke-23 ini, tercatat sudah ada 10 pelatih yang harus dipecat atau mundur dari jabatannya akibat performa tim yang buruk.

Salah satu yang menjadi korban adalah Javier Roca. Tak tanggung-tanggung, di Liga 1 musim ini saja dirinya sudah merasakan dua kali pemecatan.

Dua kali pemecatan itu didapatkan pria asal Chile itu bersama dua tim asal Jawa Timur, yakni Persik Kediri pada pekan ke-4 dan Arema FC pada pekan ke-22.

Baca Juga:
Kata-kata Jeka Saragih usai Jadi Petarung Indonesia Pertama di UFC

Akibat banyaknya pemecatan dan mundurnya pelatih ini, tak ayal klub-klub Liga 1 pun banyak yang gonta-ganti pemangku kursi kepelatihan.

Hingga pekan ke-23 Liga 1 2022/2023 ini, kira-kira tim mana saja yang kerap gonta-ganti pelatih? Berikut daftarnya.

1. Barito Putera

Baca Juga:
Striker Timnas Indonesia Kritik Operator BRI Liga 1 usai Insiden Ngeri Menimpanya: Nyawa Jauh Lebih Penting

Pelatih kepala PSS Sleman, Dejan Antonic. [Dok. PSS Sleman]

Barito Putera menjadi tim yang paling sering gonta-ganti pelatih di Liga 1 2022/2023 ini. Pergantian pelatih yang terbilang sering ini terjadi karena performa tim berjuluk Laskar Antasari ini yang tak memuaskan.

Saat Liga 1 2022/2023 dimulai, Barito Putera diasuh Dejan Antonic yang kemudian dilengserkan di pekan ke-6 dan digantikan Vitor Tinico sebagai Caretaker hingga pekan ke-10.

Setelah Vitor Tinico, Barito Putera menunjuk Rodney Goncalves yang kemudian dipecat di pekan ke-21. Kini, Laskar Antasari ditukangi oleh Isnan Ali sebagai caretaker.

Baca Juga:
Jadi Sorotan, Bintang Muda Malaysia Pakai Sepatu yang Robek saat Diperkenalkan Klub Barunya di Islandia

2. Arema FC

Juragan 99 bersama Eduardo Almeida (Instagram)

Arema FC sejatinya mengawali kampanyenya di Liga 1 2022/2023 dengan baik, setelah berhasil menjuarai turnamen pramusim, Piala Presiden 2022.

Akan tetapi, setelahnya Arema FC jeblok sehingga Eduardo Almeida dilengserkan di pekan ke-8 dan digantikan oleh Javier Roca.

Bersama Javier Roca pun, Arema FC tak kunjung membaik sehingga berujung pemecatan di pekan ke-22 dan kini posisinya ditempati I Putu Gede.

3. PSIS Semarang

Eks Pelatih PSIS Semarang Sergio Alexandre (ANTARA/ I.C.Senjaya)

PSIS Semarang melakoni Liga 1 2022/2023 dengan ambisi besar untuk masuk papan atas. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya dua bintang, yakni Taisei Marukawa dan Carlos Fortes.

Akan tetapi, PSIS justru kesulitan di Liga 1 2022/2023 yang berujung pemecatan sang pelatih, Sergio Alexandre di pekan ke-6. Ia pun kemudian digantikan oleh Ian Andrew Gillian.

Ian Andrew pun tak bertahan lama di PSIS. Kini posisi pelatih di tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu diisi oleh Caretaker, yakni Muhammad Ridwan.

Kontributor: Felix Indrajaya