Husna Rahmayunita
Pemain Bolivia Leonel Justiniano (kiri) saat menghadapi bintang Senegal Sadio Mane di pertandingan persahabtan. (Christophe ARCHAMBAULT / AFP)

Gol.bolatimes.com - Bolivia dipastikan bakal menjadi lawan Timnas Indonesia pada agenda FIFA Matchday 2023 yang berlangsung pada 20-28 Maret mendatang.

Selain Bolivia, Tajikistan juga bakal menjadi lawan skuad Merah Putih selanjutnya di FIFA Matchday. Tentu ini menjadi kabar yang bagus mengingat kualitas dan ranking FIFA kedua tim ada di atas Timnas Indonesia.

Tajikistan saat ini menduduki peringkat ke 108 dunia, sedangkan Bolivia menduduki peringkat ke-82 dunia. Oleh karena itu, kualitas pemain yang dimiliki Bolivia pun bakal ada di atas rata-rata.

Belum diketahui nama-nama pemain yang akan dibawa Bolivia jika jadi melawan Timnas Indonesia, tapi dari data Transfermarkt, ada sejumlah pemain bintang dengan harga pasar tertinggi di Bolivia yang patut diwaspadai.

Siapa saja pemain tersebut? Berikut ulasannya!

1. Jose Sagredo

Dari lini belakang ada Jose Sagredo dengan nilai pasar tertinggi yaitu 750 ribu euro atau setara Rp 12 miliar. Saat ini ia membela klub Bolivia, Bolivar.

Sagredo tercatat sudah melakoni debut buat Timnas Bolivia pada 2017 dan hingga kini sudah mencatatkan 42 penampilan di semua ajang dengan torehan 2 assist.

Selain bisa bermain sebagai bek tengah yang merupakan posisi aslinya, Jose Sagredo juga bisa difungsikan sebagai bek kiri.

2. Ramiro Vaca

Di sektor gelandang, Bolivia memiliki sosok Ramiro Vaca yang menjadi tulang punggung serangan La Verde. Ia sendiri berstatus penggawa tim papan atas negaranya, Bolivar. 

Pemain berusia 23 tahun ini menjadi salah satu pemain yang kenyang pengalaman di usia yang masih terbilang muda. Sebab, ia telah mencatatkan 24 caps bersama Bolivia. 

Di level klub pun ia tergolong bertaji, karena pernah merumput di Belgia bersama K Beerschot VA. Saat ini nilai pasarnya mencapai 450 ribu euro atau Rp 6,5 miliar.

3. Marcelo Martins Moreno

Meski bukan berstatus sebagai pemain termahal di Bolivia, tapi Marcelo Martins Moreno merupakan pemain bintang dan tulang punggung lini serang Bolivia.

Di usianya yang menginjak 35 tahun, Moreno tetap jadi andalan di lini depan. Total ia sudah mencatatkan 98 penampilan sejak 2007 dengan torehan 30 gol buat Bolivia.

Harga pasar tertinggi Moreno pernah mencapai 6 juta euro pada 2008, tapi kini ia cuma punya nilai pasar 300 ribu euro atau setara Rp 4,8 miliar.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha