Muhammad Ilham Baktora
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra. [@stefanocugurra / Instagram]

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong tak ada habisnya mendapat sorotan saat ini. Pasalnya banyak klub yang mengkritik dirinya terhadap pemanggilan Timnas Indonesia U-20 untuk bersaing di Piala Asia U-20 2023.

Meski begitu, Pelatih Bali United, Stefano Cugurra sepakat dengan pmusatan latihan (TC) jangka panjang yang disiapkan pelatih asal Korea Selatan itu.

TC jangka panjang yang akan memakan waktu hingga April nanti merupakan hal lumrah yang kerap dilakukan pelatih Timnas ketika menyiapkan turnamen bersakala tinggi.

Baca Juga:
Witan Sulaeman Debut, Persija Jakarta Jadi Pemuncak Klasemen Sementara usai Tumbangkan Arema FC

"Saya cukup lama bekerja di Indonesia dan terkait TC jangka panjang itu bukan hanya dilakukan Shin Tae-yong saja. Saya pikir, Luis Milla yang sebelumnya di Timnas Indonesia menggunakan metode ini," terang pelatih yang karib disapa Teco itu, Minggu (12/2/2023).

Lebih lanjut, Teco menganggap cara Shin Tae-yong untuk melakukan TC jangka panjang bukan tanpa sebab. Pasalnya Timnas Indonesia U-20 memiliki agenda cukup penting di Piala Asia dan Piala Dunia U-20 2023.

"Jadi TC ini bukan hal baru, mereka juga seharusnya paham bahwa tidak setiap tahun ada agenda besar ini," katanya.

Baca Juga:
Media Malaysia Soroti Ngototnya Shin Tae-yong yang Minta Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Kembali ke Indonesia

"Seperti yang saya ungkapkan, ini [Piala Dunia U-20] bukan kesempatan yang gampang didapatnya. Kita jadi tuan rumah sehingga bisa bermain. Mereka juga harus kuat untuk persiapannya," kata dia.

Teco juga meyakini, Shin Tae-yong sudah serius untuk membentuk pemain muda Indonesia saat ini. Di sisi lain, pecinta sepak bola Indonesia berharap banyak dengan Timnas Indonesia baik senior maupun kelompol umur.

Hal itu dibuktikan dengan antusiasme para penonton saat Indonesia melakoni pertandingan antar negara.

Baca Juga:
2 Pemain Vietnam Bakal Jadi Rival Baru Asnawi Mangkualam di K League 2

Hingga kini para penggara Timnas Indonesia U-20 sudah menjalani hari ke-12. Meski demikian pemain yang dipanggil belum seluruhnya hadir.

Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan masih berada di luar negeri. Belum ada kepastian dua bintang muda tersebut merapat untuk mengikuti TC.