Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Bahrain, Abdulla Yusuf Helal. (AFP)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia sepertinya harus menjajaki lawan yang baru untuk pertandingan FIFA Matchday periode Maret 2023 karena Bolivia berpeluang besar membatalkan rencananya.

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sempat menyebut dua lawan yang akan dihadapi anak asuhnya pada FIFA Matchday, yakni Tajikistan dan Bolivia. Namun ada sedikit kabar buruk mengenai salah satu lawan skuad Garuda tersebut.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengungkapkan Bolivia diprediksi tak akan melawan Timnas Indonesia. Hal ini lantaran mereka mendapatkan tawaran dari Arab Saudi untuk menjalani laga uji coba di waktu yang sama.

“Sepertinya Tajikistan sudah oke. Tapi, Bolivia tampaknya mendapatkan tawaran dari Arab Saudi dengan 'match fee' lebih besar,” ucap Indra Sjafri dikutip dari ANTARA.

“Namun kami terus coba bernegosiasi dengan mereka. Kalau tidak bisa, kami akan cari lawan lain yang selevel dengan Bolivia,” timpal Indra Sjafri.

Oleh karena itu, PSSI harus segera bergerak cepat untuk mencari negara pengganti yang bisa dijajaki sebagai lawan Timnas Indonesia jika Bolivia benar-benar memutuskan melawan Arab Saudi.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga negara tangguh Asia yang bisa menjadi Bolivia sebagai lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday periode Maret 2023.

1. Bahrain

Jika mempertimbangkan ranking Timnas Bolivia yang saat ini berada di urutan ke-81 ranking FIFA, sebetulnya ada banyak nama tim Asia yang bisa menjadi alternatif.

Yang pertama ialah Bahrain. Untuk saat ini, Bahrain menduduki ranking ke-85 di peringkat FIFA. Mereka berstatus sebagai negara asal Arab yang punya kekuatan mumpuni.

Oleh karena itu, PSSI bisa mempertimbangkan Bahrain sebagai lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday mengingat negara-negara Arab menjadi lawan kuat di Piala Asia 2023 nanti.

2. Yordania

Selanjutnya, negara kedua yang juga bisa menjadi alternatif untuk menggantikan Bolivia yang membelot dari rencana awal ialah Yordania.

Terakhir kali Timnas Indonesia berjumpa pada Yordania ialah pada babak Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu. Sayangnya, skuad Garuda gagal meraih kemenangan karena disikut dengan skor 0-1.

Oleh karena itu, ini menjadi kesempatan kedua bagi Indonesia untuk balas dendam. Jika menang, tentu menghasilkan banyak poin mengingat Yordania saat ini menduduki ranking 86 di peringkat FIFA.

3. Suriah

Kontestan Piala Asia 2023 ketiga yang berstatus sebagai negara tangguh di Benua Kuning yang patut dijajal kekuatannya oleh Timnas Indonesia ialah Suriah.

Negara ini tampil cukup impresif pada fase Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka sudah enam kali berpartisipasi di kejuaraan ini.

Jika memperhitungkan peringkat FIFA-nya, Suriah punya posisi yang cukup mentereng lantaran mereka saat ini berada di urutan ke-89. 

Kontributor: M Faiz Alfarizie