Muhammad Ilham Baktora
Selebrasi Marselino Ferdinan saat mencetak gol ke gawang Filipina di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/1/2023). (Twitter/@BroadcastBola)

Gol.bolatimes.com - Keresahan Shin Tae-yong menjelang Piala Asia U-20 2023 semakin tak karuan. Pasalnya, bintang muda Marselino Ferdinan tak kunjung kembali ke Indonesia.

Sejumlah upaya dilakukan Shin Tae-yong agar pemain KMSK Deinze itu merapat ke Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan. Shin Tae-yong menganggap mantan pemain Persebaya Surabaya itu sebagai kunci dari Timnas Indonesia U-20.

Skuad Garuda Nusantara harus bersiap dalam agenda penting di tahun 2023 ini. Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 sudah menunggu mereka bertarung di Uzbekistan dan juga di Indonesia sendiri.

Baca Juga:
Jabat Kapten saat Lawan Inter Milan, Emil Audero Digoda Netizen Gabung Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023

Pemusatan latihan yang digelar PSSI juga sudah memanggil 30 nama pemain dari berbagai klub. Di hari ke-13 latihan kemarin, sudah banyak pemain yang merapat, termasuk pemain Persija Jakarta yang tak diizinkan berangkat ke pemusatan latihan.

Muhammad Ferarri dari Persija disebutkan belum hadir dalam pemusatan latihan tersebut.

Tak hanya Muhammad Ferarri, bintang muda Marselino Ferdinan dan juga Ronaldo Kwateh belum menampakkan batang hidungnya di latihan itu.

Baca Juga:
Media Malaysia Singgung Timnas Indonesia U-20 Soal Turnamen Mini, Nama Argentina dan Portugal Ikutan Diseret

Shin Tae-yong sudah memanggil bahkan upayanya mengirim surat ke KMSK Deinze sudah dilakukan. Namun hingga kini belum mendapat tanggapan dari klub tempat Marselino berkarier.

"Dia ini potensi pemain yang bisa memimpin skuad di masa depan sesuai harapan Timnas Indonesia. Ia juga pemain kunci di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia nanti," terang Shin Tae-yong dikutip dari Naver, Selasa (14/2/2023).

Bukan tanpa alasan, Marselino memiliki sejumlah kemampuan yang tak dimiliki pemain seusianya di mata Shin Tae-yong. Sehingga potensi itu yang harus dikembangkan.

Baca Juga:
Jadwal Turnamen Mini: Timnas Indonesia U-20 Hadapi Fiji di Laga Perdana

"Sejak pertama kali saya melihatnya, keterampilan menembak dan individunya bagus, jadi saya berusaha untuk terus berkembang," kata dia.

Shin Tae-yong berharap banyak terhadap pemain yang ia panggil ke pemusatan latihan. Saat ini dirinya hanya menunggu apakan Marselino Ferdinan memutuskan untuk kembali ke Indonesia atau tidak.

Di sisi lain, nama Ronaldo Kwateh juga tak kalah penting. Pelatih asal Korsel ini masih berharap perburuan klub Ronaldo Kwateh di Turki segera selesai dan bisa membela skuad Garuda Nusantara.