Irwan Febri Rialdi
Penyerang Timnas Indonesia U-19, Ricky Pratama merayakan gol ke gawang Alanyaspor pada laga persahabatan di Limak Football Complex, Antalya, Turki, Rabu (24/11/2021). (ANTARA/HO/PSSI)

Gol.bolatimes.com - Ronaldo Kwateh masuk ke dalam daftar pemain Timnas Indonesia U-20 yang dipanggil untuk mengikuti TC jangka panjang, namun ia belum juga datang.

Usut punya usut, Ronaldo Kwateh saat ini sedang berada di Turki untuk negosiasi dengan klub baru. Oleh karena itu, pemain 18 tahun tersebut belum dapat memenuhi panggilan Shin Tae-yong.

Direktur Utama (Dirut) Madura United (MU), Annisa Zhafarina tak bisa memastikan kapan Ronaldo Kwateh bergabung dalam training camp (TC) Timnas Indonesia U-20.

Annisa juga tak bisa memastikan apakah Ronaldo bisa membela Timnas Indonesia U-20 di turnamen mini pada 17-22 Februari. Ada tiga lawan yang bakal dihadapi Garuda Nusantara di turnamen tersebut yakni Selandia Baru, Guatemala dan Fiji.

Jika Ronaldo Kwateh benar-benar tidak bisa mengikuti TC Timnas Indonesia U-20, ada beberapa pemain yang bisa dipanggil oleh Shin Tae-yong.

1. Althaf Alrizky

Untuk menambah opsi pemain di posisi depan dan menambal tidak hadirnya Ronaldo, Shin Tae-yong bisa mencoba memanggil pemain muda milik Persis Solo, Althaf Alrizky.

Pemain yang sempat menimba ilmu di Persib junior hingga Persis junior ini mendapat menit bermain yang cukup banyak di Liga 1 2022/23. 

Althaf telah mencatatkan 15 penampilan di Liga 1 musim ini dengan menorehkan 1 gol dan 1 assist. Althaf biasa beroperasi sebagai winger kanan, tapi juga bisa diposisikan sebagai penyerang atau winger kiri.

2. Ricky Pratama

Masih dari PSM Makassar, Shin Tae-yong juga bisa menjajal kemampuan pemain berusia 19 tahun Juku Eja, Ricky Pratama. Ia sudah mencatatkan 11 penampilan, di mana lima di antaranya menjadi starter.

Ketajaman Ricky sebetulnya sudah terlihat sejak ia bermain bersama PSM Makassar U-18. Sebab, pada ajang Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-18 2021, ia sukses menyabet gelar sebagai top scorer dengan catatan 27 gol sepanjang kompetisi.

3. Rafael Struick

Rafael Struick menjadi salah satu pemain keturunan yang diproyeksikan menjadi WNI untuk membela Timnas Indonesia U-20.

Saat ini, pemain muda milik ADO Den Haag ini tengah menjalani proses naturalisasi agar bisa membela Timnas Indonesia U-20. Ia bisa menjadi opsi pengganti Ronaldo Kwateh jika absen.

Posisi asli dari Rafael Struick adalah seorang winger kiri, tapi ia juga bisa beroperasi sebagai winger kanan dan penyerang tengah.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha