Galih Prasetyo
Kapten tim Honduras U-20 Edison Azcona (Instagram @edisonazcona)

Gol.bolatimes.com - Republik Dominika menjadi tim debutan yang bakal main di Piala Dunia U-20 Indonesia. Dominika menjadi wakil dari zona CONCACAF.

Ada empat tim dari zona CONCACAF yang bakal tanding di Piala Dunia U-20 Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras dan Amerika Serikat.

Kehadiran Republik Dominika menjadi tim debutan di Piala Dunia U-20 Indonesia menarik untuk disaksikan. Lolosnya Dominika ke Piala Dunia U-20 Indonesia tak lepas dari tangan dingin pelatih asal Kuba, Wálter Benítez.

Baca Juga:
Daftar Tim Kejutan yang Berpeluang Isi 8 slot sisa di piala dunia u-20 2023

Betinez menjadi pelatih tim U-20 Dominika sejak 6 September 2021. Dari catatan Transfermarkt, Benitez melakoni 10 pertandingan tim U-20 Dominika.

Dari 10 laga itu, Dominika meraih 6 kali kemenangan, 1 kali imbang dan 3 kali kalah. Dominika juga tercatat mencetak 22 gol dan kebobolan 19 gol.

Selain Benitez, kehadiran Dominika di Piala Dunia U-20 Indonesia tak lepas dari peran penting anak didik legenda Manchester United yakni Edison Azcona.

Baca Juga:
Deretan Pemain Top yang Gagal Tampil di Piala Dunia U-20 2023, Ada Wonderkid Manchester United

Azcona saat ini bermain di klub Major League Soccer (MLS), Inter Miami yang dilatih oleh Phil Neville.

Azcona merupakan jebolan dari akademi Inter Miami. Ia memulia kariernya di akademi itu sejak Juli 2019. Namun ia sempat dipinjamkan ke El Paso Locomotive FC, sebelumnya akhirnya kembali jadi bagian dari Inter Miami per September 2022.

Bagi tim U-20 Dominika, Azcona merupakan sosok penting. Pemain berposisi winger kiri ini jadi nyawa bagi tim berjuluk Los Pericos tersebut.

Baca Juga:
Gagal Tampil di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, Wonderkid Manchester United Bakal Perpanjang Kontrak

Sejak debut bersama tim U-20 Dominika pada 2021, pemain berusia 19 tahun ini sudah melakoni 6 pertandnigan dan mencetak 4 gol.

Selain sebagai juru gedor untuk tim U-20 Dominika, Edison Azcona juga berstatus kapten tim. Bagi Benitez, Azcona jadi pemain yang paling tak tergantikan.

Dari 6 laga yang dimainkan oleh Azcona, ia selalu dipercaya oleh Benitez selama full 90 menit. Sementara di level klub, Phil Neville pun menaruh kepercayaan besar kepada Azcona.

Baca Juga:
Jadi Andalan Thomas Doll, Wonderkid Persija Diminta Merantau ke Eropa usai Piala Dunia U-20 2023

Legenda Manchester United itu tercatat telah memainkan Azcona sebanyak 5 pertandingan di periode 2021 hingga 2022.