Galih Prasetyo
Pelatih Israel U-20 Ofir Haim (Instagram @ofirhaim18)

Gol.bolatimes.com - Israel menjadi salah satu kontestan di Piala Dunia U-20 Indonesia yang akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Lolosnya Israel ke Indonesia tidak lepas dari tangan dingin sosok pelatih bernama Ofir Haim. Pelatih berusia 47 tahun ini mulai menakhodia Israel U-20 semenjak 28 Juli 2021.

Sepanjang periode itu, Ofir Haim telah melakoni 26 pertandingan. Dari 26 laga itu, Israel U-20 dibawa Ofir meraih 9 kemenangan, 9 imbang dan 8 kali kalah.

Baca Juga:
Ada Nama Zainal Ali di Skuat Fiji yang Bakal Main di Piala Dunia U-20, Keturunan Indonesia?

Sepanjang melatih Israel U-20, Ofir termasuk tipikal pelatih yang biasa-biasa saja. Total 36 gol dilesakkan Israel U-20 semenjak Ofir melatih, namun gawang Israel dibobol sebanyak 31 kali.

Sebelum menjadi pelatih, Ofir diketahui mantan pesepak bola. Saat aktif menjadi pemain, ia berposisi sebagai seorang striker.

Aktif sebagai seorang striker, sejumlah klub Israel pernah dibela oleh Ofir. Dikutip dari berbagai sumber, selama menjadi pemain, Ofir catatkan 138 gol dari 424 laga.

Baca Juga:
Piala Dunia U-20 Indonesia Bakal Jadi Panggung Bagi Jebolan La Masia Barcelona, Siapa Dia?

Torehan gol terbanyak di satu klub yang pernah dicatat Ofir tercipta saat ia masih main di Ironi Rishon LeZion pada 1993.

Di klub itu, Ofir torehkan 27 gol dari 67 pertandingan dari 1993 hingga 1996. Ofir putuskan pensiun pada 2012 di klub Hapoel Marmorek.

Pensiun sebagai pemain di Marmorek, manajemen klub kemudian mengangakatnya menjadi pelatih. Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Ofir diketahui melatih sejumlah klub di Israel yang berlogo Palu Arit.

Baca Juga:
Edison Azcona Anak Didik Legenda Manchester United yang Main di Piala Dunia U-20 Indonesia

Ya, sejumlah klub di Liga Israel memang memiliki logo Palu Arit. Klub pertama yang dilatih Ofir dengan logo Palu Arit ialah Hapoel Tel Aviv.

Di klub ini, Ofir berstatus sebagai pelatih tim muda Hapoel Tel Aviv dari periode 2014-15. Klub dengan logo Palu Arit yang dilatih Ofir selanjutnya ialah Hapoel Afula pada 2017-18.

Terakhir sebelum melatih tim U-19 Israel, Ofir melatih Hapoel Kfar Saba pada 2019-20 yang juga punya logo klub Palu Arit.

Baca Juga:
Daftar Tim Kejutan yang Berpeluang Isi 8 slot sisa di piala dunia u-20 2023

Sekedar informasi, di Israel sejumlah klub memiliki nama depan Hapoel. Hapoel merupakan klub olahraga yang awal didirikan oleh federasi buruh Histadrut pada 1926.

Selama kependudukan Inggris di Palestina, klub bernama Hapoel menjadi pesaing utama klub Israel dengan nama depan Maccabi.

Hingga saat ini tercatat ada 36 klub sepak bola Israel yang mempunyai logo Palu Arit dan bernama depan Hapoel.