Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Dua penggawa timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh (kiri) dan Marselino Ferdinan pasca kemenangan Garuda Nusantara atas Brunei Darussalam dengan skor 7-0 dalam matchday kedua Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022). [PSSI]

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong menerangkan dirinya akan mempertimbangkan untuk tak membawa Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh dan Muhammad Ferrari ke Piala Dunia U-20 2023 lantaran ketiganya sulit beragbung ke pemusatan latihan (TC).

Sebelumnya, Shin Tae-yong telah memanggil 30 pemain untuk TC Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023. Namun, hingga kini, Marselino, Ronaldo dan Ferrari belum merapat.

Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh diketahui tengah berada di luar negeri dengan klub baru masing-masing, sedangkan Muhammad Ferrari masih mengikuti agenda Persija Jakarta.

Lantaran situasi ini, STY mulai berpikir untuk mencoret ketiga nama pemain muda itu. Sebab, menurutnya, persiapan harus dilakukan jauh-jauh hari.

"Kalau memang caranya seperti ini, saya juga harus mempertimbangkan kita mempersiapkan Piala Dunia U-20 ini tanpa Marselino, Ronaldo, dan Ferarri," kata Shin Tae-yong di Lapangan A Senayan, Jakarta, Rabu (15/2/2023).

"Mau tak mau saya harus berpikir begitu karena ini masalah skuad dan persiapan kami harus lebih lama itu lebih baik. Jadi saya masih mempertimbangkan bagaimana skuat Piala Dunia U-20 2023. Bisa jadi tanpa Ferarri, Marselino, dan Ronaldo," terangnya.

Kekuatan Timnas Indonesia U-20 semakin kuat setelah bergabungnya tiga pemain Persija yaitu Doni Tri Pamungkas, Alfriyanto Nico, dan Cahya Supriadi beberapa waktu lalu. Kemudian ditambah dua pemain Persib Bandung Kakang Rudianto serta Ferdiansyah yang baru gabung latihan hari ini.

Shin Tae-yong merasa ini tidak cukup. Terlebih, pemain-pemain ini datang belakangan ketimbang yang lainnya.

"Jadi seharusnya sesuai road-map kami memang persiapan Piala Asia U-20 ini dari 1 Februari dan mulai turnamen 1 Maret. Mungkin banyak berpikir tidak terlalu penting Piala Asia ini karena kita sudah menjadi tuan rumah (Piala Dunia), enggak perlu lolos kita pun dapat tiket Piala Dunia," terang Shin Tae-yong.

"Tapi lawan kita ini Korsel, Jepang Australia, Arab Saudi dan Uzbekistan yang lebih baik dari kita, walaupun kita mulai dari 1 Februari, tentu sangat sulit melawan mereka."

"Jadi saya sebenarnya berharap semua pihak klub membantu memang ada Kakang (Rudianto) dan Ferdiansyah sudah dilepas oleh timnya, tapi itu baru semalam," tutupnya.