Irwan Febri Rialdi
Mochamad Iriawan saat membuka KLB PSSI 2023. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Jabatan Ketua Umum PSSI akhirnya harus dilepaskan oleh Mochamad Iriawan alias Iwan Bule pada Kongres Luar Biasa (KLB) yang berlangsung di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Mochamad Iriawan dipastikan tidak lagi menjadi Ketua Umum PSSI lantaran dirinya tidak mencalonkan diri untuk pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 pada KLB tahun ini.

Setelah lengser dari jabatan Ketua Umum PSSI tersebut, Iwan Bula masih memiliki sejumlah agenda. Beberapa di antaranya memang masih bersinggungan dengan dunia sepak bola.

Tentu saja, sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan Iwan Bule selepas meninggalkan jabatannya tersebut bakal ikut membantu perkembangan sepak bola di Indonesia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga kegiatan yang bisa dilakukan Mochamad Iriawan setelah lengser dari jabatan Ketua Umum PSSI.

1. Kelola Klub Liga 1

Iwan Bule juga sempat mengutarakan niatnya untuk menjadi pengurus klub. Sebab, dia sempat menerima sejumlah tawaran dari pihak klub untuk ikut serta mengelolanya.

Meskipun demikian, ia masih belum bisa memberikan pernyataan secara detail soal klub-klub mana saja yang telah menyodorkan tawaran tersebut.

“Sebetulnya sudah ada banyak teman-teman yang menawarkan saya untuk menjadi pengurus di klub. Saya akan lihat dulu perkembangannya," ujar Iwan Bule.

"Yang jelas saya tetap masih berada di dunia sepak bola. Karena dari dulu, saya memang suka sepak bola,” lanjutnya.

2. Calon Gubernur Jawa Barat

Salah satu rencana yang sudah menjadi perbincangan sejak Iwan Bule menjabat sebagai Ketua Umum PSSI ialah langkahnya menuju Calon Gubernur Jawa Barat.

Jika melihat perkembangan terkini yang terjadi, Iwan Bule memang sudah bergerak untuk mengkampanyekan dirinya sebagai Cagub Jawa Barat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Sebab, berbagai poster serta baliho sudah tersebar luas di berbagai wilayah Jawa Barat. Dalam postur itu, ada tulisan “Gubernur Jawa Barat 2024”.

3. Bentuk Sekolah Sepak Bola

Selanjutnya, Mochamad Iriawan bisa juga mengabdikan dirinya untuk ikut serta membangun pembinaan pemain usia dini.

Artinya, Iwan Bule bisa bekerja sama dengan banyak pihak untuk membentuk sekolah sepak bola (SSB). Hal ini tentu menjadi langkah yang positif untuk membantu perkembangan dunia sepak bola Indonesia dari luar federasi.

Hal itulah yang bakal menjadi salah satu pengabdian terbaru Iwan Bule andai dirinya sudah resmi meninggalkan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Kontributor: M Faiz Alfarizie