Galih Prasetyo
Erick Thohir dan sejumlah Exco PSSI usai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. (Twitter @erickthohir)

Gol.bolatimes.com - Menteri BUMN Erick Thohir resmi menjadi nakhoda baru PSSI untuk masa bakti 2023-2027. Erick nantinya akan dibantu oleh 12 anggota Exco dan 2 orang wakil ketua umum.

Beberapa jam setelah resmi dinobatkan jadi ketua umum PSSI, Erick Thohir unggah foto dengan caption bahwa ia tengah berdiskusi dengan anggota Exco terkait mini turnamen untuk Timnas U-20 Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno.

"Usai Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan @PSSI, saya berdiskusi dengan para Exco 1 membahas persiapan mini tournament Timnas U20 di GBK mendatang," tulis caption pada unggahan tersebut.

Baca Juga:
Tanggapan Biasa Aja Erick Thohir saat Dengar Yunus Nusi Mundur dari Waketum PSSI

Dalam foto yang diunggah Erick tampak sejumlah anggota Exco baru PSSI seperti Zainuddin Amali dan Ratu Tisha yang menjadi wakil ketua umum.

Selain itu ada juga Vivin Cahyani yang duduk di sebelah Erick Thohir. Serta ada dalam foto juga tampak Endri Erawan, Muhammad serta Eko Setiawan.

Baca Juga:
Yunus Nusi Ungkap Alasannya Mundur dari Waketum PSSI demi Menpora, Bahas Masa Lalu

Nah, yang kemudian jadi sorotan netizen ialah di foto tersebut tampak mantan sekjen Yunus Nusi. Ia tampak duduk di paling pojok bersebelahan dengan Endri Erawan.

Sontak saja kehadiran Yunus Nusi ini jadi nyinyiran netizen. Sejumlah netizen mempertanyakan kapasitas Yunus Nusi hadir di diskusi tersebut.

"Nusi masih ada di samping kanan...ngapain nus," cuit salah satu netizen.

Baca Juga:
Mengapa Yunus Nusi Mundur dari Waketum PSSI meski Unggul Suara dari Zainudin Amali usai Pemilihan Ulang?, Ini Alasannya

"PSSI yg asli yg ada yunus nusi nya," sambung akun lainnya.

"lah kok sek ada Yunus nusi pak," tanya akun lainnya.

Seperti diketahui, Yunus Nusi memutuskan untuk mundur sebagai wakil ketua umum PSSI saat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga:
Kronologi Pemilihan Waketum PSSI Terindikasi Kecurangan, dari Dilakukan Pemungutan Suara 2 Kali hingga Yunus Nusi Mundur

Yunus Nusi memilih mundur setelah pemilihan ulang sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI 2023-2027. Ia mengaku ikhlas mundur dari statusnya tersebut demi memberikan posisi itu kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

"Saya sangat ikhlas demi kepentingan sepak bola Indonesia," ujar Yunus seperti dikutip dari Antara.

Proses pemilihan wakil ketua umum PSSI seperti diketahui diwarnai hal kontroversial bahkan sampai diulang dua kali.

Awalnya, Menpora Zainudin Amali dan Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI 2023-2027. Zainudin Amali meraih 66 suara dari voter.

Yunus Nusi mendapatkan 63 suara, sementara calon lain yaitu Sekjen PSSI 2017-2020, Ratu Tisha Destria gagal menjadi wakil ketua umum karena meraih hanya 41 suara.

Namun putusan ini kemudian mendatangkan protes. Sejumlah voter tuding ada suara untuk beberapa calon seperti Ratu Tisha, Ahmad Syauqi Suratno dan Ahmad Riyadh yang tidak dihitung.

Akhirnya, sesuai kesepakatan, pemilihan diulang dengan hasil Ratu Tisha mendapatkan 54 suara dan Yunus Nusi meraih 53 suara. Menpora Zainudin Amali hanya menduduki peringkat ketiga suara terbanyak dengan 44 suara.

Akan tetapi Yunus Nusi memilih untuk mundur dan akhirnya wakil ketua umum diisi oleh Ratu Tisha dan Menpora Zainuddin Amali.